Iklan

May 27, 2022, 18:48 WIB
Last Updated 2022-05-28T01:57:36Z
Dinamika

Kisruh PMI Manado. Relawan Surati PMI Sulut Batalkan Muskot


Jurnal Manado - Kisruh terkait kepengutusan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Manado akhirnya membuat reaksi relawan.

Mewakili relawan yaitu Micky Keintjem, Fery Rasubala, Iskandar Zulkarnain, Roy Wariki. 

Para relawan mengirim surat ditujukan ke Ketua PMI Sulut Ibu Annie Dondokambey,SH.MH.

Ini isi surat pernyataan sikap 

PERNYATAAN SIKAP RELAWAN PMI KOTA MANADO


*1. Membatalkan kegiatan muskot PMI KOTA MANADO  di laksanakan pada Selasa, 24 Mei 2022 dgn Alasan :*

- Penerbitan SK ttg Pengurus PMI Kecamatan dimana Camat Selaku Pelindung di Tingkat Kecamatan tidak pernah mengetahui adanya Pembentukan Pengurus PMI di Kecamatan. Hal ini sangat bertentangan dgn ADRT PMI karenea pembentukan itu hanya penunjukan kepada orang2 yg tidak pernah mengetahui organisasi PMI di tingkat kecamatan.

- SK yg diterbitkan tidak mencantumkan Pelindung didalamnya (Pelindung diatur dalam ADRT) serta dewan Kehormatan

- Pembentukan pengurus Kecamatan tidak sesuai dgn mekanisme yg diatur dalam ADRT PMI dimana pemilihan PK harus dilakukan melalui musyawarah Kecamatan yg dihadiri oleh utusan dari Forum relawan kecamatan dan pelindung.

- Dalam ADRT harus dibentuk tim penjaringan dan verifikasi bakal calon ketua.. tapi ternyata tidak dibentuk.. Terindikasi hanya akan memunculkan 1 calon pada saat pemilihan Ketua.

- Meminta kepada Pelindung PMI Kecamatan dalam hal ini Camat  untuk membentuk pengurus PMI Kecamatan dan merekomendasikan kepada Pengurus PMI Kota Manado mengeluarkan SK


*2. Mendesak Pengurus Propinsi utk memberhentikan secara tidak hormat Pengurus PMI Kota Manado periode 2017-2022 karena telah melakukan pelanggaran berat terhadap ADRT*

*3. Memintakan dgn Segera kepada Pengurus PMI Propinsi Sulawesi Utara untuk menerbitkan SK mandat utk pelaksanaan Pelantikan Pengurus Kecamatan dan Pelaksanaan Muskot.*

Kepala Bidang Humas Roy Mewoh mengatakan, surat tersebut sudah di Terima dan akan ditindaklanjuti. 

"Ini aspirasi para relawan dan harus diperhatikan karena PMI erat dengan relawan yang selalu mendonorkan darah untuk kemanusiaan lewati PMI,, " terang Mewoh, Sabtu (28/05/2022). 

Ia juga mengakui bahwa PMI Kota Manado telah diperingati terkait kepengurusan. 

"Kami sudah mengingatkan. Agar pelaksanaan pemilihan sesuai prosedur, " jelasnya. Sembari mengatakan bahwa PMI Sulut sedang menunggu surat rekomendasi dari PMI Pusat. 

(man) 

(*)