Iklan

June 28, 2022, 06:17 WIB
Last Updated 2022-06-28T13:17:21Z
Mitra

Camat Djelly Kawengian Minta Pemdes Kerja Demi Kesejahteraan Rakyat


Jurnal,Mitra - Kepala Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akan melakukan kordinasi dengan pemerintah desa (pemdes) dalam penanganan pengelolaan data fakir miskin.


Camat Pasan Djelly Kawengian mengatakan bahwa setelah mengikuti pelaksanaan kegiatan Pengelolaan Data Fakir Miskin Cakupan Daerah Kabupaten pada Senin 27/6/22 di Kantor Dinas Sosial maka perlu dilakukan kordinasi dengan pihak pemdes."Saya akan kawal langsung, agar supaya program pemerintah dalam Pengelolaan Data Fakir Miskin benar-benar terverifikasi dan validasi,"katanya.


Iapun menuturkan bahwa dalam pengusulan yang akan di masukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan."Pemdes harus melakukan pendataan, dan di lakukan musyawarah desa (Musdes) bersama Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk menetapkan warga yang layak sesuai kriteria untuk diusulkan."karena kalau tidak mengikuti mekanisme yang sudah diatur jelas. Maka akan menimbulkan dampak negatif dalam penyelengaraan pemerintahan,"tutur Kawengian.


Mantan Sekretaris Dinas Pariwisata itupun menambahkan dengan melakukan pendataan yang sesuai dan sesegera mungkin maka pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial sesuai Permensos nomor 3 tahun 2021 akan menunjukan komposisi tingkat kesejahteraan masyarakat mulai dari yang terendah."Pengelolaan DTKS sangat penting sehingga akan sangat membantu bagi masyarakat yang bisa saja layak menerima bantuan berbasis keluarga yaitu program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) serta bantuan berbasis perorangan yaitu penerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional (PBI-JKN), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan bantuan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas da lanjut usia. Semua yang kita kerjakan Demi Kesejahteraan Rakyat,"pungkas Kawengian.(hak)