Iklan

June 28, 2022, 05:28 WIB
Last Updated 2022-06-28T12:28:27Z
Mitra

Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, Kadis Tuuk Paparkan Program Bangga Kencana


Jurnal,Mitra - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memaparkan Program Bangga Kencana dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting.


Kadis P2KB Kabupaten Mitra Drs Hersi Tuuk dalam pemaparannya sebagai pemateri menyampaikan Visi Indonesia yaitu generasi emas 2045 Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur."SDM unggul Indonesia maju memiliki kecerdasan yang komprehensif, Dami dalam interaksi sosialnya dan berkarakter kuat, sehat menyehatkan dalam interaksi alamnya dan berperadapan unggul,"tuturnya pada kegiatan Rembuk Stunting yang dilaksanakan Selasa 28/6/22 di sporthall Kantor DPRD Mitra.


Dirinya menjelaskan bahwa keluarga berisiko Stunting adalah keluarga yang memiliki satu atau lebih faktor risiko Stunting yang terdiri dari keluarga yang memiliki anak remaja Puteri atau calon pengantin atau ibu hamil atau anak usia 0-23 bulan atau anak usia 24-59 bulan berasal dari keluarga miskin, pendidikan orang tua rendah, sanitasi lingkungan buruk dan air minum yang tidak layak."jumlah keluarga resiko Stunting di kabupaten Mitra ada 9.353 keluarga. Stunting dapat dicegah dengan mengetahui dan memberikan pemahaman terkait penyebab stunting,"jelas Tuuk.


Untuk itu Iapun mengoptimalkan pendampingan keluarga berkelanjutan dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting."penyebab Stunting yaitu kurangnya akses rumah tangga atau keluarga terhadap makanan bergizi, pengasuhan yang kurang baik dan kurangnya akses terhadap air bersih dan sanitasi. Kami terus melakukan upaya meminimalisir atau pencegahan pengaruh dari faktor risiko Stunting,"pungkas Tuuk.(hak)