Iklan

June 28, 2022, 04:22 WIB
Last Updated 2022-06-28T11:22:43Z
Mitra

Gelar Rembuk Stunting, Kadis Ratuliu Wujudkan Sehat Melalui Germas


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar Rembuk Stunting Kabupaten dalam rangka percepatan penurunan Stunting, Selasa 28/6/22 bertempat di Sport Hall Kantor DPRD.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra dr Helny Ratuliu mengatakan bahwa kegiatan rembuk stunting merupakan langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara SKPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat.


Pada kesempatan itu pula Kadis Menyampaikan materi berkaitan dengan langkah penting dalam penanganan Stunting."memang diakui masih ada persoalan yang dihadapi dan sangat komplek dari hulu sampai hilir aspek lingkungan, perilaku, pelayanan masyarakat campur aduk administrasi, manajemen dan politik. Sehingga perspektif perilaku sehat yaitu gerakan penyadaran untuk masyarakat berprilaku sehat dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), maka masalah kesehatan dapat di cegah,"ucapnya.


Iapun menjelaskan bahwa Konvergensi penyempurnaan pelayanan membutuhkan proses perencanaan dan anggaran Serta pemantapan program di lintas sektor."Penanganan dan Pencegahan sangat penting dilakukan melalui dua intervensi yaitu Intervensi Gizi Spesifik dan Intervensi Sensitif merupakan intervensi yang ditujukan Kapad anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) dan berkontribusi pada 30% penurunan Stunting, ini akan efektif kalau dilakukan secara konvergensi bersama-sama dan terintegrasi semua unsur baik pemerintah, swasta dan masyarakat,"jelas Ratuliu.


Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Mitra Marty Ole SE.Mn ketika menghadiri kegiatan tersebut mendukung penuh program pencegahan dan penanganan Stunting."Kami tentu sangat berkomitmen dengan pelayanan terhadap masyarakat apalagi dalam penanganan Stunting di kabupaten mitra. Jika semua proses perencanaan dan pemantapan program di lintas sektor sudah baik maka kami tentunya akan mendukung dalam penganggaran pencegahan dan penanganan Stunting,"terang anggota Fraksi PDI Perjuangan.


Pada kegiatan Rembuk Stunting Kabupaten para peserta dari Tim Ahli Stunting dari Makasar Sam Patoro Larobu, Ketua DPRD dan Anggota, unsur Pemkab Mitra serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, 12 Kepala Kecamatan, Dirut RSUD Mitra, Kapus SE Mitra, Petugas Gizi PKM, PLKB, Tim Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kemendes di kabupaten Mitra dan Hukum Tua Lokus Stunting, mendapatkan materi dari Kadis Kesehatan Kabupaten Mitra, Kadis DPPKB Kabupaten Mitra  Drs Hersi Tuuk dan Kaban Bappeda Kabupaten Mitra Dr Grace Oroh M.Pd.(hak)