Iklan

June 1, 2022, 05:48 WIB
Last Updated 2022-06-01T12:48:53Z
Mitra

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mitra Gelar Sosialisasi, Lumingas. : Guna Meningkatkan Minat Dan Budaya Gemar Membaca


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mengelar sosialisasi Layanan dan Literasi Informasi Perpustakaan bagi Petugas Perpustakaan Daerah dan Sekolah, Rabu 1-3/6/22 di Ibis Hotel Manado.


Kegiatan Sosialisasi Layanan dan Literasi Informasi Perpustakaan bagi Petugas Perpustakaan Daerah dan Sekolah, dibuka Oleh Sekretaris Daerah David Lalandos.


Para Peserta Petugas Perpustakaan Daerah dan Petugas Sekolah akan mendapatkan materi dari Para Pemateri sebaga Narasumber yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Mitra David Lalandos, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra, Pegiat Literasi Fientje Watak, S.Pd, MPd,  Pustakawan James Sael, S.Pd, M.Pd dan Pustakawan Tenny K. Kunsi, S.Sos.


Kepala Dinas Royke Lumingas ketika di konfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat."kegiatan mengenalkan layanan perpustakaan daerah,

guna meningkatkan minat dan budaya gemar membaca terlebih di lingkungan sekolah,"ujar.


Dirinya berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan edukasi kepada para petugas untuk dapat melakukan pengembangan agar merangsang siswa dan masyarakat pada umumnya datang ke perpustakaan."Parameter kualitas bangsa dilihat dari kondisi pendidikannya dan tidak lepas dari pentingnya membaca. Ilmu-ilmu yang ada dalam referensi sebuah buku, hanya bisa diperoleh dari membaca. Sebab itu Perpustakaan merupakan mata air pengetahuan, Perpustakaan merupakan area publik paling penting untuk mendapatkan referensi yang berkualitas,"Pintah Lumingas.


Ditambahkannya bahwa Kemerdekaan Republik Indonesia tidak dicapai dengan mudah bukan pemberian bangsa lain namun kemerdekaan diraih dengan cucuran darah, nyawa dan air mata."untuk mengisi kemerdekaan ini,  kita terus berjuang karena semakin kompleks tantangan disetiap jaman dan generasi berbeda – beda. Salah satu kegiatan mengisi kemerdekaan adalah dengan meningkatkan kompetensi dan skill agar mampu bersaing dalam kompetisi global dengan membaca dengan kegiatan ini untuk meningkatkan kompeten dan skill yang dibutuhkan sebagai penunjang penyebaran dan implementasi Ilmu Pengetahuan."tambah Lumingas.(hak)