Iklan

June 1, 2022, 05:15 WIB
Last Updated 2022-06-01T13:02:33Z
Mitra

Tingkatkan Minat Baca, Kadis Kindangen : Wujud Masyarakat Cerdas Menuju Indonesia Sejahtera


Jurnal,Mitra - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sarah Kindangen menghadiri kegiatan Sosialisasi Layanan dan Literasi Informasi Perpustakaan bagi Petugas Perpustakaan Daerah dan Sekolah, Rabu 1/6/22 di Ibis Hotel Manado.


Dalam kegiatan yang dihadiri Sekretaris Daerah David Lalandos, dirinya mengakui masyarakat di kabupaten Mitra  belum memiliki minat baca yang baik."melalui kegiatan ini maka kami juga akan rutin untuk mendorong para guru-guru untuk dapat mengairahkan minat baca dilingkungan sekolah dan masyarakat. Memang Buku, belum menjadi sumber utama untuk mendapatkan informasi namun jika budaya membaca di terapkan sejak usia dini maka transformasi ilmu akan memotivasi pelajar,"ujar Staf Ahli Bupati Mitra itu.


Kindangen menuturkan, Perpustakaan adalah wahana transformasi ilmu yang akan memotivasi masyarakat untuk mau membaca." Lingkungan masyarakat yang menerapkan budaya membaca akan sangat berpengaruh  Mewujudkan masyarakat cerdas, karena bagian dari target menuju Indonesia sejahtera yang bisa dicapai lewat jalur pendidikan-formal maupun non formal,"tuturnya yang didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Felda Tombokan.


Untuk itu dirinya berharap instansi terkait dalam mengelola Perpustakaan Dearh harus mampu memodernisasi sesuai tuntutan kekinian yang mesti diperbuat demi memenuhi ekspektasi masyarakat agar keterpurukan tidak terus berlanjut."wajib mengembangkan layanan perpustakaan digital, selain tetap mempertahankan tradisi layanan konvensional yang selama ini dikenal,"harap Kindangen.


"Menciptakan masyarakat pembaca memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. Perpustakaan menjadi urusan wajib yang mesti dilaksanakan pemerintah, Khusus di level pendidikan, pengembangan perpustakaan beserta koleksi harus terus dilakukan agar merangsang siswa datang ke perpustakaan. Karena itu Parameter kualitas bangsa dilihat dari kondisi pendidikannya dan tidak lepas dari pentingnya membaca. Ilmu-ilmu yang ada dalam referensi sebuah buku, hanya bisa diperoleh dari membaca,"Pungkasnya.(hak)