Iklan

June 21, 2022, 15:42 WIB
Last Updated 2022-06-21T22:42:14Z
Mitra

Kunjungi Kabupaten Mitra, Kemenparekraf RI Sebut Ini Akan Memudahkan Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah Untuk Percepatan Pengembangan Pariwisata dan Ekraf


Jurnal,Mitra - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui Direktur Pengembangan Destinasi II mengapresiasi Percepatan pengembangan Pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). 


Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Destinasi II Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI DR. Wawan Gunawan S.Sn.MM ketika melakukan kunjungan dalam rangka sosialisasi pengelolaan daya tarik wisata yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mitra di Sarah Bay pasir putih Kecamatan Pusomaen, Selasa 21/6/22.


Dalam sosialisasi tersebut Direktur Pengembangan destinasi II kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR. Wawan Gunawan, S.Sn, MM yang juga membawakan materi pada peserta mengatakan, Inilah satu komitmen dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif diseluruh Indonesia."Apa yang telah dilakukan pihak Pemkab Mitra saya rasa sudah tepat, bagaimana memberikan informasi terkait potensi wisata di daerah. Baik itu potensi wisata alam, wisata budaya buatan di Kabupaten Mitra kami rasa sangat luar biasa. Kuncinya disini yaitu, bagaimana komunikasi itu terbangun," ujar Wawan.


Dirinyapun menjelaskan, pariwisata di Kabupaten Mitra kami rasa ada aura yang luar biasa di Mitra. Ini sangat luar biasa, ada esoktik yang sangat luar biasa."Bagaimana ini bisa menjanjikan sebuah atraksi, tidak di apa-apa juga sudah luar biasa. Apa lagi kalau sudah di sentuh, apa lagi kalau disini sudah dibuat destinasi yang berkualitas, berintegrasi, dan berkelanjutan. Kuncinya disini ada di Komunikasi," jelas Wawan.


Ketika ditanya apakah kesiapan Pemkab Mitra dalam pengembangan Pariwisata?."Kabupaten Mitra sangat siap, karena komitmen Bupati dan Wakil Bupati selaku kepala daerah menetapkan lokasi ini sebagai lokasi prioritas pariwisata. Ini dilakukan, agar Pemkab Mitra lebih fokus, sebab Kalau tidak fokus, percepatan pariwisata di daerah itu akan lambat. Ketika bapak Bupati menetapkan salah satu destinasi prioritas di Mitra, dalam artian disini semua SKPD harus didorong ke salah satu destinasi. Ini akan memudahkan sinergitas pemerintah Pusat dan Daerah," tegas Wawan.


Kegiatan yang di buka langsung Wakil Bupati Mitra Drs. Jesaja Jocke Legi dan diikuti oleh peserta yaitu Kepala Kecamatan, Hukum Tua dan Pengelola Desa Wisata serta Stakeholders Pariwisata.


"Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas ke pedulian dari Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap pengembangan pariwisata di Mitra,"ujar Wabup.


Diapun berharap, kiranya dengan sosialisasi ini. Akan memberikan pemahaman kepada peserta bagaimana mengelola pariwisata agar supaya memberikan daya tarik ter sendiri kepada para wisatawan yang masuk kebeberapa titik."Dengan apa yang dibekali Dirjen Dinas Pariwisata dan perekonomian kreatif akan sangat bermanfaat guna percepatan dunia Pariwisata di Kabupaten Mitra,"tutur Wabup Legi.


Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mitra Johana Untu mengucapkan, terima kasih atas kunjungan dari Dirjen pengembangan Destinasi II Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI DR. Wawan Gunawan, S.Sn, MM serta Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Henry Kaitjili SE yang diwakilkan Oleh Kabid Pengembangan Industri Pariwisata Fany Matheuws."Kiranya apa yang telah disampaikan oleh Kemenparekraf RI dan Dinas Pariwisata Provinsi akan kami tindaklanjuti kedepan nantinya, ini merupakan satu modal untuk menuju pariwisata Mitra mempunyai reputasi dan berprestasi. Seperti slogan Mitra membangun reputasi yang berprestasi,"tutupnya. (hak)