Iklan

June 27, 2022, 06:07 WIB
Last Updated 2022-06-27T13:15:12Z
Mitra

Terima Penghargaan, Camat Silian Raya Nansy Lendombela Buktikan Membangun Reputasi dan Prestasi


Jurnal,Mitra - Kordinanator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Sulut Berikan Penghargaan atas capaian kinerja Pemerintah Kecamatan Siliaan Raya.


Penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Jesaya Legi dan langsung di serahkan kepada Camat Silian Raya Nancy Selvi Lendombela Senin 27/6/22 di Kompleks perkantoran Kantor Dinas Sosial.


Kordinator Program P3MD Provinsi Sulut Green Manueke  mengatakan bahwa dari 1507 Desa/Kelurahan di Kecamatan Silian Raya merupakan pertama dalam menyelesaikan Indeks Desa Membangun (IDM)."Tahun ini kami memberi respek dan perhatian Khusus bagi Kecamatan Silian Raya, Karena tercepat di Provinsi Sulut dalam pendataan IDM tahun 2022 dan tepat waktu yang di tetapkan. Ini adalah salah satu indikator dalam proses perencanaan pembangunan desa pada tahun sebelumnya,"ucapnya.


Iapun menjelaskan bahwa setiap tahun Kemendes menyelengarakan program pendataan IDM."Yang bertujuan mengukur sejauh mana capaian perkembangan status desa secara makro. yang mikronya ada di sdgs data detailnya yaitu berapa banyak orang miskin yang indikatornya adalah ketahanan lingkungan, ketahanan ekonomi dan sosial,"jelasnya.


Sementara itu Camat Silian Raya Nancy Selvi Lendombela mengatakan bahwa Perangkat indikator yang dikembangkan dalam IDM dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek sosial, ekonomi, dan ekologi menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa."Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa,"katanya.


Dituturkan Lendombela yang juga sebagai Kepala Dinas Sosial menambahkan bahwa IDM memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah sesuai dengan partisipasi Masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial."tentunya capaian ini merupakan usaha kerja keras dari seluruh Pemerintah Desa di Kecamatan Silian Raya, sehingga mampu memberikan Bukti Membangun Reputasi dan Prestasi sesuai slogan Bupati James Sumendap.(hak)