Iklan

June 27, 2022, 06:00 WIB
Last Updated 2022-06-27T13:00:06Z
PendidikanUtama

Tingkatkan Kualitas Kepala Sekolah, Pemprov Bakal Laksanakan Assessment


Jurnal Manado - Dalam kegiatan Silaturahmi dan Temu Wicara dengan Kepala Satuan Pendidikan tingkat SMA dan SMK (Negeri dan Swasta). Di Ruang F.J. Tumbelaka Kantor Gubernur Sulut, Senin (27/06/2022), Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memberikan arahan bahwa melalui Gubernur telah menegaskan untuk melaksanakan Assesement Test bagi Kepala Sekolah SMA/SMK se-Provinsi Sulut. 

Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas, kejujuran dan motivasi guru yang akan memimpin sekolah tersebut. Dan ini menjadi syarat untuk memberlakukan mutasi pejabat PNS. Hal ini sudah diberlakukan ke pejabat Eselon II Pemprov. 


"SMA/SMK negeri Kepsek-nya buat Asesmen, supaya kita boleh tahu di situ kualitasnya, psikotest, kalau perlu tes kebohongan, " tegas wagub. Sembari mengatakan tidak ada istilah lobi kiri atau kanan untuk menjadi kepsek. 

Wagub menambahkan bahwa salah satu penentu kualitas siswa adalah guru maupun kepala sekolah. Untuk itu perlu dilakukan test. 

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Clay Dondokambey saat diwawancarai terkait pelaksanaan uji kompetensi guru mengatakan bahwa sebagaimana arahan dari pimpinan maka pihak BKD akan melaksanakan itu. 

"Sebagaimana pesan dari pimpinan untuk mengadakan uji kompetensi seperti yang diterapkan pada Pimpinan Tinggi Pratama maka Kepala Sekolah juga akan mengikuti uji kompetensi. Nanti akan disusun indikatornya," ucap Clay. (man)