Iklan

July 30, 2022, 21:36 WIB
Last Updated 2022-07-31T04:36:11Z
Mitra

Camat Sandra Kindangen : Mari bersama-Sama Cegah dan Bantu Petugas Kesehatan Hewan Dalam Penanggulangan Rabies


Jurnal,Mitra - Kepala Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menindaklanjuti hasil rapat kordinasi (Rakor) bersama Dinas Pertanian, SatPol PP yang dipimpin Asisten 2 terkait mengantispasi akan terjadinya gigitan hewan yang berisiko rabies.


Camat Tombatu Utara Sandra Kindangen mengatakan bahwa rakor tersebut dalam rangka Penangulangan hewan berisiko rebies berdasarkan Perda Nomor 2 tahun 2016."Tentu saya akan tindak lanjuti dengan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat bersama Hukum Tua yang ada di Kecamatan Tombatu Utara. Karena setelah di sosialisasikan maka akan ada tindakan tegas bagi hewan peliharaan. Ini adalah bentuk kwaspadaan terhadap penyebaran Rabies,"katanya Sabtu 30/7/22.


Iapun menghimbau dan mengingatkan warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahayanya gigitan hewan peliharaan yang berisiko rabies."Saya berharap warga agar mengikat dan mengkadangkan hewan peliharaannya sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus Rabies."ungkap Kindangen.


Menurutnya dengan mengikat atau mengkandangkan hewan peliharaan kita, akan meminimalisir potensi kontak dengan anjing lain dan juga memudahkan kita untuk pengawasan, perawatan dan saat dilakukan Vaksinasi Rabies."Pentingnya juga agar hewan peliharaan kita untuk diberikan vaksinasi untuk agar supaya aman dari rabies. Saat ini ada kasus yang mengarah Rabies dan ada yang meninggal karena gigitan anjing yang telah terinfeksi oleh virus Rabies, Saya berharap dengan adanya Sosialisasi dan himbauan-himbauan yang disampaikan oleh Hukum Tua maupun Instansi terkait dapat mencegah penyebaran Rabies diwilayah kita. Mari bersama-sama kita cegah dan bantu petugas Kesehatan hewan dalam penanggulangan Rabies,"tukasnya.