Iklan

July 29, 2022, 16:44 WIB
Last Updated 2022-07-29T23:44:21Z
Mitra

Kadis Vecky Monigir Ajak Warga Memiliki Hewan Peliharaan Divaksin Rabies


Jurnal,Mitra  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya pencegahan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit rabies kepada hewan peliharaan.


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Vecky Monigir Kamis 28/7/22. Menurutnya Vaksin rabies yang diberikan secara gratis tersebut untuk menghindari dan mengantisipasi penyebaran penyakit rabies kepada hewan peliharaan dan mewujudkan daerah Kabupaten Mitra menjadi wilayah zona bebas rabies.


"Memang beberapa waktu yang lalu ada Kasus rabies yang menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Karena salah satu anak di Mitra Sulawesi Utara, diduga kena rabies karena digigit anjing,"ucapnya.


Kadis Monigir menyanpaikan, terus melakukan vaksin terhadap hewan peliharaan."Kami terus melakukan vaksinasi untuk kesehatan hewan peliharaan," ujarnya. 


Iapun menjelaskan, bahwa minimal setiap enam bulan Dinas Pertanian Mitra melakukan penyuntikan vaksinasi untuk hewan seperti anjing,Kucing maupun kera yang paling berbahaya."Hingga saat ini kami lakukan vaksinasi turun ke desa-desa. Jika ada yang melihat atau dicurigai anjing ada yang rabies segera dilaporkam kepada pihak petugas kami,"jelas Monigir.


Mantan Kadis Perikanan Mitra itu menambahkan bagi seluruh masyarakat yang memiliki hewan beresiko rabies untuk segera mungkin diberikan suntikan rabies."Setiap hari ada tim vaksinasi di tiap kecamatan dan disebar secara bergulir di desa se  kabupaten Mitra. Saya mengajak warga yang memiliki hewan peliharaan anjing, kucing, kera ataupun lainnya segera memvaksinnya,"tambah Monigir.(hak)