Iklan

July 30, 2022, 15:03 WIB
Last Updated 2022-07-30T22:03:05Z
Mitra

Tagana Kabupaten mitra Gelar Apel, Kadis Lendombela: Kebencanaan Adalah Berkaitan Dengan Kemanusiaan


Jurnal,Mitra - Dinas Sosial mengelar Apel Kesiapsiagaan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Jumat 29/7/22 di halaman Dinas kompleks perkantoran Blok B Keluarahan Wawali Pasan Kecamatan Ratahan.


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mitra Nancy Selvie Lendombela mengatakan, Tagana adalah merupakan organisasi pelayanan sosial atau organisasi pelayanan manusia mempunyai serangkaian karakteristik."Tujuan Tagana adalah untuk memproses serta merubah manusia sebagai alat untuk mencapai hasil akhir yang bersifat sosial. Pembentukan Tagana merupakan suatu upaya untuk memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana,"katanya.


Mantan Camat Silian Raya itu menjelaskan bahwa Visi Tagana yakni Menjadikan Tagana sebagai relawan Penanggulangan Bencana berbasis masyarakat yang bermartabat dan handal di bidang bantuan sosial. Dengan Misi Tagana meliputi, Pertama Membekali keahlian yang cukup melaui pendidikan dan pelatihan secara periodik sesuai jenis-jenis bencana.

Meningkatkan inivasi dalam penanggulangan bencana dengan memanfaatkan potensi dilingkungannya. Kedua Memberikan pemahaman tugas pokok dan fungsi Tagana dalam penanggulangan bencana."Apel Siaga kesiapsiagaan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada saat kondisi siaga darurat bencana. Tujuan dilaksanakan Apel Siaga Darurat untuk melihat kesiapan pihak terkait serta perlengkapan bila terjadi bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gunung meletus bahkan tsunami. Relawan mengabdikan diri untuk melaksanakan tugas membantu BPBD maka setiap waktu dalam bekerja yang dibutuhkan yakni dengan semangat dan keikhlasan sebab apapun yang dilakukan dalam kebencanaan adalah berkaitan dengan kemanusiaan,"Jelas Lendombela.


Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Yanty Tumbol menambahkan Dalam kegiatan Apel kesiapsiagaan Tagana kabupaten mitra Ini bagian dari upaya pemerintah dalam menghadapi potensi longsor, potensi angin puting beliung, gunung meletus bahkan tsunami."Kita mengadakan Apel Siaga Bencana ini memang sudah selayaknya, wajib mengingatkan, menggelorakan kesiap siagaan bencana sehingga kita siap semuanya menghadapi berbagai kemungkinan terjadi bencana dan membantu masyarakat. Mudah-mudahan saja di Kabupaten Mitra tidak terjadi dan nanti kita tetap siap untuk menghadapi bencana,"tambahnya.(hak)