Iklan

August 31, 2022, 15:15 WIB
Last Updated 2022-08-31T22:15:53Z
ManadoUtama

Lomba Mancing Hadiah Ratusan Juta dan Piala Presiden Bakal Digelar 14 September


Jurnal Manado - Dikatakan Pj Sekdaprov Sulut, Praseno Hadi saat konfreansi pers dalam rangka LNSIFC 2022 di ruang CJ Rantung Kantor Gubernur Sulut, Rabu (31/8/22), bahwa Likupang North Sulawesi International Fishing Competition (LNSIFC) 2022 akan berlangsung pada tanggal 14-18 September mendatang. Dan hingga saat ini pendaftar sudah memenuhi kuota. 

“Hingga hari ini, Rabu (31/08/2022), sudah ada 70 tim pemancing internasional siap meramaikan iven yang akan memperebutkan piala Presiden Joko Widodo ini,” terang Praseno. 

Ia berharap dengan adanya kegiatan berskala internasional maka pariwisata di Sulut makin terkenal di dunia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Daerah Sulut, Tineke Adam mengatakan jika dalam lomba ini juga masuk kategori mancing nelayan tradisional sehingga diundang 13 kabupaten/kota yang memiliki laut untuk bisa ikut serta dalam lomba tersebut.


“Kalau kategori internasional wajib menggunakan joran. Sementara untuk kategori nelayan tradisional bebas menggunakan apa saja selain jaring. Sebab kami dalam lomba ini ikut menerapkan edukasi ramah lingkungan,” jelas Adam. Sembari menambahkan untuk kategori internasional pendaftar sudah memenuhi kuota sebab 1 kelompok 7 orang dan saat ini sudah 70 kelompok resmi mendaftar sehingga total 490 orang peserta. 


“Hadiah untuk juara pertama, sebesar 10 ribu USD atau Rp150 juta dipotong pajak. Juara dua sebesar 5 ribu USD atau Rp75 juta dan juara tiga sebesar 2,5 ribu USD atau sebesar Rp37,5 juta. Selanjutnya, untuk nelayan tradisional juara satu Rp15 juta, juara dua Rp10 juta dan juara tiga Rp5 juta,” papar Adam.


Sementara itu, Ketua Umum LNSIFC 2022, Veldy Umbas mengatakan jika iven ini bertujuan untuk menonjolkan spot pemancingan dari Biaro hingga Manado. Bahkan kegiatan ini akan mencetak rekord MURI dengan penyajian makanan Sasimi di Kawasan Megamas.


“Jadi tidak hanya terkonsentrasi di laut, tapi juga di darat. Untuk peserta asing, masih ada permintaan dari beberapa kedutaan besar untuk bisa melibatkan pemancing mereka,” tambahnya.

(man)