Iklan

August 12, 2022, 07:04 WIB
Last Updated 2022-08-12T14:04:34Z
Mitra

Sekda Lalandos Launching Program Perpustkaan Digital, Kadis Royke Lumingas : Menjawab Tantangan Perpustakaan Ditengah Kemajuan IPTEK


Jurnal,Mitra - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)k David Lalandos melaunching Program Perpustkaan Digital INLIS Lite (Integrated Library Sistem) dengan membuat Kartu Tanda Anggota (KTA) perpustakaan daerah kabupaten Mitra, Jumat 12/8/22 di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.


Sekda Lalandos ketika melaunching Program Perpustkaan Digital INLIS Lite dengan membuat KTA perpustakaan daerah kabupaten Mitra berharap masyarakat serta siswa dapat memanfaatkan fasilitas dengan baik."Dengan adanya perpustakaan digital diharapkan masyarakat khususnya Para siswa akan dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaiknya. Ada kemudahan bagi masyarakat tidak perlu repot-repot lagi mencari buku bacaan secara fisik tapi tinggal mencari melalui perpustakaan digital,"harapnya.


Lanjut disampaikannya bahwa telah memberikan arahan kepada Kadis untuk melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk ada kegiatan ekstra."Kedepan diharapkan bukan hanya buku-buku yang ada di perpustakaan yang bisa dimasukkan dalam aplikasi perpustakaan digital akan tetapi semua jenis bacaan dapat dicover dalam aplikasi ini. Saya sudah memberikan petunjuk kepada Kadis agar supaya berinisiasi melakukan kerjasama dengan pihak sekolah sehingga anak sekolah diberikan kegiatan ekstra perminggu untuk memanfaatkan perpustakaan digital,"ungkap Lalandos.


Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Mitra Royke Lumingas menjelaskan dilaunchingnya Program Perpustkaan Digital INLIS Lite dengan membuat KTA perpustakaan daerah kabupaten Mitra akan lebih meMotivasi lagi rangka perkembangan perpustakaan."Perpustakaan daerah terus berbenah dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat (semua kalangan), termasuk memberikan pelayanan yang memberi rasa nyaman bagi pengguna perpustakaan. Kegiatan ini adalah pencanangan menunju perpustakaan daerah Minahasa Tenggara menuju ke perpustakaan digital lewat aplikasi Inslis Lite (Integrated Library System),"jelasnya.


Untuk itu dirinya menegaskan bahwa Perpustakaan Daerah Minahasa Tenggara  terus melakukan inovasi dan Kreativitas dalam rangka menjawab tantangan perpustakaan ditengah kemajuan IPTEK."Sesuai intruksi Bupati James Sumendap, maka perpustakaan daerah terus berbenah dan mencari terbosan dalam rangka menjawab kemajuan diera digital, Aplikasi Digital ini juga diharapkan dapat menjangkau semua kalangan masyarakat dalam rangka peningkatan Literasi khususnya yang ada di Kabupaten Mitra,"tegas Lumingas.(hak)