Iklan

August 18, 2022, 01:40 WIB
Last Updated 2022-08-18T08:40:48Z
PemerintahanPendidikanUtama

Tumiwa Optimis 30 Lulusan PKA Miliki Leadership dan Kemampuan Managerial Mumpuni


Jurnal Manado - Sebanyak 30 peserta lulus dalam mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulut. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulut Roy Tumiwa mengatakan bahwa lulusan ini dalam rangka pengembangan kompetensi dan juga bagian dari pengembangan karier. 

"Bentuk pendidikan seperti ini adalah sebagai kepercayaan atasan dalam hal ini bapak gubernur dan, wakil gubernur kepada ASN oleh karena itu ketika mereka mengikuti proses pembelajaran maka hasilnya harus optimalkan dan aktualisasi kan di kinerja," kata Tumiwa.

apalagi tujuan dari pelatihan administrator dalam rangka manajemen kinerja dimana mereka selaku pejabat administeator harus memiliki leadership dan kemampuan managerial dalam optimalisasi kinerja di unit kerja masing - masing, lanjutnya. 



Tambah Tumiwa, mereka juga sebagai agen perubahan dan dengan aplikasi yang mereka telah buat harus dilaksanakan dalam rangka optimalisasi kinerja. Apalagi peserta cukup bagus semua, sangat berkompeten sehingga dengan menjadi agen perubahan terutama menjadi mentor bagi teman teman administrasi. 

Kelengkapan kompetensi yang mereka miliki betul - betul sifatnya kognitif tetapi juga betul - betul memiliki kemampuan sosio cultural yaitu adanya kemampuan humanis dan komunisasi 

Ini yang diharapkan diterapkan di instansi mereka masing - masing,"pungkasnya.(man)