Iklan

August 16, 2022, 15:15 WIB
Last Updated 2022-08-16T22:15:59Z
DinamikaManadoUtama

Wagub Irup Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi


Jurnal Manado - Menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan maka Rabu (17/08/2022) dinihari sekira pukul 00.00 Wita, bertempat di Taman Makam Pahlawan Kairagi, Pemerintah Provinsi menggelar apel dan renungan suci. 


Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, menjadi inspektur upacara apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT ke 77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.


Dalam sambutannya, apel kehormatan dan renungan suci ini dalam rangka memperingati jasa-jasa pahlawan. Adapun TNI Polri 529 orang, Pegawai Sipil 32 orang, Legium Veteran 27 orang, Pahlawan tak Dikenal 32 orang menyatakan hormat sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.



Lanjut Wagub, kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula. Jalan kebaikan kebaikan saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga.


“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta mendapatkan tempat yang sewajarnya,”sambung Wagub.


Selanjutnya hening cipta, sebagai penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan doa serta pemasangan obor di masing-masing pusara Pahlawan.


“Ini bentuk penghormatan kami terhadap pejuang bangsa telah gugur mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Malam ini saya bersama Forkopimda Provinsi Sulut melakukan Apel Kehormatan dan renungan di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado. Bangsa besar, adalah Bangsa menghormati jasapahlawannya,”pungkas Wagub.



Hadir, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Alfred Denny Djoike Tuejeh, Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Marsma TNI Mohammad Satriyo Utomo, SH, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulut Irjen Mulyatno, Pj Sekdaprov Sulut Praseno Hadi, para pejabat eselon II Pemprov Sulut dan tamu undangan.(*)