Iklan

September 29, 2022, 09:28 WIB
Last Updated 2022-09-29T16:28:44Z
Mitra

Dinas P2KB Kabupaten Minahasa Tenggara Laksanakan Kegiatan Pelayanan KB Gratis


Jurnal,Mitra - Pelayanan Keluarga Berencana (KB) adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana melaksanakan Kegiatan pelayanan KB Gratis dalam rangka TNI manunggal Bangga Kencana Kesehatan Terpadu tahun 2022 yang di adakan di desa Buku Tenggara kecamatan belang Kamis 29/9/22.


Kepala Dinas P2KB Kabupaten Mitra melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana Yolanda Sumual mengatakan kegiatan pelayanan KB Gratis dengan sasaran pelayanan KB yaitu semua PUS (Pasangan Usia Subur) yang berusia 15-49 tahun."Jumlah akseptor 75 orang dengan rincian yang menggunakan implan 71 orang dan suntik 4 orang,"katanya.


Sumual menjelaskan bahwa Manfaat Ber-KB adalah Mencegah kehamilan tidak diinginkan, meningkatan kesehatan ibu dan anak, meningkatkan kesejahteraan keluarga, mengatur dan menjarangkan kehamilan,meningkatkan kecukupan ASI dan pola asuh yang baik bagi anak serta menurunkan resiko kematian ibu dan bayi."Tentunya kami dari Dinas P2KB Mitra terus berupaya untuk mensukseskan program pemerintah pusat. Karena tujuan dari perencanaan KB adalah untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak serta mengendalikan pertambahan penduduk suatu negara sesuai dengan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) yaitu dengan jalan mengendalikan jumlah kelahiran,"jelasnya.(hak)