Iklan

September 29, 2022, 09:32 WIB
Last Updated 2022-09-29T16:32:03Z
Mitra

Evaluasi APBDes Perubahan, Camat Abdul Karim Pontoh Sebut Sinkronisasikan Program Pemerintah Pusat dan Daerah


Jurnal,Mitra  -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melaksanakan Evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Perubahan di Kecamatan Belang Kamis 29/9/22 tempat Balai Pertemuan Kecamatan.


Kepala Kecamatan Belang Abdul Karim Pontoh mengatakan bahwa Evaluasi APBDes Perubahan Tahun 2022sebagai upaya mensinkronisasikan Kebijakan pemerintah baik pusat dan daerah dengan dokumen Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes Perubahan tahun 2023.


Dirinya menegaskan kebijakan pemerintah daerah kabupaten Mitra ada dua poin penting yang diprioritaskan."Pembangunan infrastruktur berupa pembuatan drainase tertutup dan pemasangan lampu hias jalan. Juga pemberdayaan masyarakat yang merupakan kebijakan pusat untuk pemulihan ekonomi,"tegasnya.


Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Meyfri Mokorimban yang didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa Oshin Arina dan Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Desa Febri Kolanus menjelaskan bahwa Evaluasi APBDes Perubahan sudah dilaksanakan di 9 Kecamatan."Kami turun bersama Tim yaitu Dinas PU,Dinas Perkim,Bappeda dan Inspektorat. Evaluasi ini untuk sinergi dengan arah kebijakan pemerintah Pusat dan Daerah dengan memprioritaskan pemberantasan kemiskinan dan kesehatan serta ketahanan pangan. Dana desa ini juga harus dirasakan langsung pemanfaatannya oleh warga masyarakat dan oleh Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, bahwa dana desa ini lebih digenjot lagi,"jelas para Kabid Dinas PMD.(hak)