Iklan

September 11, 2022, 22:44 WIB
Last Updated 2022-09-12T06:46:54Z
KesehatanManado

Pencanangan Imunisasi PCV dan Hari Kesehatan Gigi Nasional


Jurnal Manado - Kegiatan Hari Kesehatan Gigi Nasional untuk wilayah Sulawesi Utara, dipusatkan di Kota Manado. Ini kepercayaan sebagai tempat pencanangan. Hal itu disampaikan Wakil Walikota Richard Sualang, saat diwawancarai di SD Frater Don Bosco sebagai lokasi pencangan, Senin (12/09/2022). 

Menurutnya, Pemerintah secara keseluruhan merayakan dan memperingati Hari Gigi Nasional. 

"Dengan adanya peringatan gigi ini kita terus meningkatkan kemampuan kita, perhatian terhadap kesehatan gigi," katanya, sembari menambahkan bahwa gigi salah satu indikator kesehatan yang baik. Kalau gigi tidak baik maka secara umum kesehatan kita tidak baik pula. 

Ia juga menambahkan pentingnya mengkampanyekan terkait kesehatan gigi dimulai dari anak - anak. 

"Kita berikan edukasi bagaimana cara menjaga kesehatan gigi. Pastinya mereka akan merasa sehat secara umum," jelasnya, 

Terkait dengan imunisasi yang dilaksanakan serentak kata Sualang sangat penting karena berkaitan dengan kesehatan paru - paru anak. 

"Untuk mencegah terjadinya radang paru - paru kepada anak. Ini penting bagi anak kita dan kesehatannya kedepan," kata Sualang. 

Saat ini sudah 2.300 anak mendapatkan vaksin dan itu akan terus berlanjut. 

"Ada 15 puskesmas di Manado yang melayani vaksinasi anak. Hasilnya menggembirakan. Ini terus kita dorong," pungkasnya. 


Sementara Kadis Kesehatan diwakili Sekdis Sulut dr. CHristofol Ririmasse, menyampaikan bahwa Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) dengan target semaksimal mungkin. 

"Ini penting, karena menyangkut kehidupan bayi selanjutnya dan vaksin tersebut tidak dipungut biaya alias gratis," katanya.(man)