Iklan

September 28, 2022, 19:55 WIB
Last Updated 2022-09-29T02:55:52Z
KesehatanPolitik

RSUD ODSK Menjadi Rumah Sakit Pertama di Dunia Menerapkan Telemedicine Metaverse


JurnalManado - Ujicoba peralatan telemedicine metaverse di RSUD ODSK, yang merupakan kerjasama dengan Pusan National University Hospital (PNUH) Korsel berlangsung sukses. 


Teknologi canggih tersebut, pertama kali diujicoba di luar Korsel dan merupakan ujicoba pertama yang dilaksanakan di dunia. Hari ini Rabu, 28 September 2022 kemarin.


Telemedicine ini berhasil menghubungkan Puskesmas Kolongan, RSUD ODSK dan PNUH Korsel dengan menggunakan metaverse.


Kepada media ini Direktur RSUD ODSK mengatakan tim PNUH yang dipimpin Mr. Seo Seong Hyun terdiri dari 9 orang tenaga ahli melaksanakan instalasi, testing dan training di Puskesmas Kolongan pada Selasa kemarin.


“Hal yang sama mereka kerjakan di RSUD ODSK hari ini. Setelah instalasi, tessting dan training kami mencoba implementasi alat-alat ini dengan menghubungkan Puskesmas Kolongan, RS ODSK dan RS PNUH Korsel dan ternyata berhasil.” urai direktur yang pernah meraih Juara 1 Eselon 3 terbaik tingkat Provinsi Sulawesi utara di tahun 2012 tersebut kepada JurnalManado.com Kamis (29/9/2022).


Peralatan canggih ini sangat bermanfaat untuk negara atau daerah yang memiliki pulau- pulau kecil seperti Sulawesi Utara (Sulut).


Dengan konsep ini, RSUD ODSK akan dapat mengatasi masalah disparitas fasilitas pelayanan kesehatan, dimana puskesmas2 di pulau- pulau kecil dan terluar seperti Miangas dan Marore bisa dilayani dari RSUD ODSK. 


Ini adalah terobosan baru di bidang kesehatan yang sanggup mengatasi masalah kesenjangan fasyankes di kota-kota besar dan pulau-pulau kecil dan daerah terpencil.


 Telemedicine ini adalah jembatan emas untuk mengatasi masalah disparitas kesehatan.


“Selain itu alat ini juga bisa dipakai untuk pariwisata, dimana hotel2 atau resort di pulau2 kecil bisa dilayani dari RSUD ODSK.” tutup dokter yang hobi bersepeda ini.(tino)