Iklan

September 6, 2022, 06:41 WIB
Last Updated 2022-09-06T13:51:36Z
PemerintahanUtama

Seleksi Sekprov Tuntas. Lima Yang Terpanggil Satu Yang Terpilih


Jurnal Manado - Tes wawancara seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya dilaksanakan di Swiss Bell hotel, manado telah usai. 

Lima kandidat diuji langsung oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Agus Fatoni, M.Si.

Sekretaris Panitia Seleksi Inspektur Jenderal Kementan RI Dr. Jan Maringka SH, MH, Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA. Rektor Universitas Negeri Manado (UNIMA) Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk M.Pd.


Ketua Pansel Dr Drs Agus Fatoni, MSi menyebutkan, jika pada tahapan-tahapan sebelumnya dilaksanakan secara virtual, namun berbeda dengan tes wawancara saat ini. Dimana peserta diwawancarai langsung oleh Panitia Seleksi.


Dalam tes kata Fatoni, selain melihat ide dan gagasan, Pansel juga menguji apakah ide dan gagasan itu bisa diimplementasikan.


"Kita tidak hanya melihat ide dan gagasan para peserta, tetapi kita juga menguji itu bisa diimplementasikan atau tidak. Dan kelima peserta layak untuk jabatan Sekprov. Tetapi memang yang terpilih hanya satu," ujar Fatoni saat konferensi pers usai pelaksanaan tahapan wawancara.


Lanjutnya, dari hasil seleksi yang diakhiri dengan pleno, selanjutnya akan disampaikan tiga nama yang secara keseluruhan unggul di semua seleksi.


“Nama-nama tersebut akan disodorkan kepada Pak Gubernur selaku pembina kepegawaian. Untuk kemudian diteruskan ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri untuk ditetapkan satu nama,” jelas Fatoni.


Fatoni juga menguraikan, di tingkat pusat, calon yang namanya sudah dikirimkan tidak sepenuhnya mengandalkan nilai sebagai parameter, tetapi juga dilihat dari track record-nya. Dari sisi pribadi dan keluarga.


Seluruh Pansel yang terlibat tidak dapat diintervensi oleh siapa pun. 

"Kami pansel sangat obyektif dalam melakukan penilaian dan tidak ada intervensi dari siapapun. Apalagi dalam melaksanakan tugas pansel selalu 

dalam pengawasan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Lima kandidat sekprov yaitu Kadis Fransiscus Engelbert Manumpil, Kadis Steve Hartke Andries Kepel, Kadis Debie K R Kalalo, Kadis Fery Roby Jones Sangian dan Kadis Izak Robert Paul Rey

Hadir Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Clay Dondokambey. 

(man)