Iklan

September 16, 2022, 01:30 WIB
Last Updated 2022-09-16T08:37:06Z
Advetorial

Terbang Langsung Korsel - Manado. Gubernur Sulut Olly Dondokambey MoU Dengan Jeju Air


 Jurnal Manado – Perjuangan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey sangat luar biasa. Terbukti, Direct call atau pelayaran langsung Korea Selatan, Jeju - Manado akhirnya terwujud. 

Hari ini, Jumat (16/09/2022) ditandatangani nota kesepakatan kerjasama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dan Jeju Air. 

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama CEO JEJU Air E-Bae Kim dan disaksikan langsung Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Duta Besar RI Seoul Gandi Sulistiyanto, dan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.


Olly Dondokambey memastikan Sulut akan menjadi tempat kunjungan menarik dan indah bagi warga Korsel.

"Bandara Sam Ratulangi siap beroperasi 24 jam dan datang ke manado bebas visa nanti bisa on arrival nanti diurus di bandara. Dan lagi, bulan Desember nanti Marriot Hotel dengan kapasitas 250 kamar sudah bisa dioperasikan, sudah sangat mendukung untuk kedatangan turis dari Korea,” jelasnya. 

Di sisi lain, Gubernur Olly Dondokambey menjamin, jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Korea Selatan juga akan banyak dikarenakan banyaknya masyarakat terlebih di Kota Manado yang menyukai fasilitas kecantikan di Korsel.

“Saya sudah dua kali ke Korea Selatan dan saya lihat fasilitas disini sangat disukai ibu-ibu di Kota Manado. Saya yakin akan banyak kunjungan ke Korsel,” ujar Olly.

CEO Jeju Air, Mr E Baek Kim, dalam sambutannya, menekankan bahwa wisata alam Indonesia, khususnya Provinsi Sulawesi Utara sangat dikenal oleh masyarakat Korsel. Sejauh ini, hanya terdapat 23 kali penerbangan oleh maskapai Korsel ke Indonesia. Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman, Jeju Air akan mengupayakan pembukaan rute ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Bali, Lombok, Yogyakarta dan Jakarta. 


Penandatanganan MoU akan ditindaklanjuti dengan pembukaan rute dari Bandar Udara di Korsel seperti Incheon, Busan dan Jeju ke Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado sebelum akhir tahun 2022. Hal ini dilakukan menjelang Peringatan 50 Tahun Hubungan Bilateral RI-Korsel di tahun 2023.

 

Difasilitasi oleh KBRI Seoul, pembahasan draft Nota Kesepahaman dilakukan secara daring selama 2 bulan. Sejak dirumuskan, Nota Kesepahaman ditujukan untuk meningkatkan kolaborasi antara pelaku industri wisata serta menumbuhkan talenta-talenta baru di bidang ekonomi kreatif. Penandatanganan dihadiri oleh Walikota Bitung, Maurits Mantiri, Kepala Dinas Pariwisata Sulut Hendrik Katjili, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Rocky Wowor, wakil Jeju Air dan KBRI Seoul. Wakil-wakil dari Pemprov Sulut hadir secara daring. (adv)