Iklan

September 14, 2022, 18:52 WIB
Last Updated 2022-09-15T01:52:58Z
OlahragaUtama

Turnamen e-Sports Piala Gubernur Sulut 2022 Mulai Bergulir


Jurnal Manado - Komunitas olahraga elektronik (e-Sports) di Sulawesi Utara kembali bergeliat.


Turnamen e-Sports Piala Gubernur Sulawesi Utara 2022 mulai bergulir pada 14 Agustus 2022. Event yang digelar oleh Pengurus Provinsi e-Sports Indonesia (ESI) Sulawesi Utara tersebut dilaksanakan di Graha Gubernuran, Bumi Beringin, Kota Manado.


Turnamen yang disebut-sebut menjadi turnamen e-Sports yang terbesar yang pernah digelar di Sulawesi Utara tersebut memperebutkan hadiah yang cukup fantastis yaitu 100 juta rupiah.


Dalam turnamen tersebut dipertandingkan 4 game yang juga dipertandingkan pada PON XX Papua yang lalu yaitu Mobile Legends, PUBG, Free Fire yang merupakan game mobile dan 1 game console yaitu Pro Evolution Soccer (PES).


Turnamen digelar secara offline atau tatap muka langsung di venue yang sudah disiapkan pihak panitia. Namun ada juga game yang melakukan babak kualifikasi melalui online.


Kegiatan ini dikonfirmasi langsung oleh ketua panitia turnamen e-Sports Piala Gubernur Sulut 2022, Vian Rondonuwu.


"Event ini kami laksanakan berdasarkan arahan dari Ketua Umum ESI Sulut Brigjen Raymond Marojahan dan Ketua Harian ESI Sulut Rio Dondokambey untuk menjadi wadah pencarian bakat dan pengembangan prestasi atlet-atlet e-Sports di Sulawesi Utara," ujar Vian Rondonuwu.


Dirinya pun menambahkan bahwa event ini menjadi salah satu turnamen e-Sports terbesar yang pernah dilaksanakan di Sulawesi Utara.


"Ya event ini bisa kami katakan salah satu event e-Sports yang terbesar di Sulut dimana beberapa indikatornya adalah hadiah yang kami siapkan, venue yang digunakan serta jumlah peserta yang telah mendaftar. Event ini juga merupakan turnamen resmi pertama yang dilaksanakan langsung oleh ESI Sulut secara offline setelah pandemi beberapa waktu yang lalu dalam rangka HUT Provinsi Sulawesi Utara ke-58," jelas Vian yang juga merupakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat ESI Sulut.


Event yang juga disponsori oleh Bank SulutGo dan Telkomsel ini telah melalui proses technical meeting sejak tanggal 10 September dan pada tanggal 14 September telah berlangsung pertandingan offline dimana mempertandingkan babak kualifikasi untuk game Mobile Legends dan PUBG.


Acara resmi Opening Ceremony dari Turnamen e-Sports Piala Gubernur Sulut 2022 ini akan dilaksanakan pada 16 September 2022 pukul 18.00 serta Closing Ceremony pada 18 September 2022 bertempat di Graha Gubernuran Sulawesi Utara.(*)