Iklan

September 14, 2022, 22:02 WIB
Last Updated 2022-09-15T05:02:59Z
PemerintahanUtama

Serahkan Sertifikat Tanah Kepada Warga Sulut. Wagub : Rakyat Harus Keluar Dari Kemiskinan


Jurnal Manado - Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan bahwa Sulawesi Utara (Sulut) dengan jumlah penduduk 2 638 631 jiwa, pertumbuhan ekonominya diatas rata - rata pertumbuhan nasional. Bahkan angka kemiskinan di sulut turun, persentase penduduk miskin di Sulut masih di bawah persentase penduduk miskin nasional dan paling rendah dibandingkan provinsi lain di Pulau Sulawesi. Hal itu disampaikan wagub saat memberikan, sambutan pada kegiatan Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (15/09/2022) di Minsel. 

Salah satu indikator turunnya kemiskinan adalah peran pemerintah dalam menyelesaikan sengketa tanah. 

"Menurut catatan beberapa fariabel yang paling penting adalah kita menyelesaikan masalah kepemilikan tanah. Maka dari itu keberpihakan pak gubernur kepada rakyat penting dan kita bangga bahwa Sulut menjadi pioner, kita pertama di indonesia," kata Wagub. Sembari mengatakan bahwa pak gubernur paling anti terhadap Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah puluhan tahun tidak punya kontribusi apa - apa kepada pemerintah bahkan kepada rakyat. Yang ada hanya diperjualbelikan dibawa tangan dan hanya individu dan kelompok sedikit saja mendapatkan manfaat. 

"Kami berupaya agar rakyat keluar dari kemiskinan dan mempunyai akses ke bank. Komitmen kami untuk membantu pertanahan dalam mempercepat pengurusan kalau perlu dalam pengukuran menggunakan dana tidak terduga kita bantu dan ini sudah berjalan," tegas Kandouw. 

Segeralah HGU dibagikan kepada masyarakat. Saya selalu mengendors kepada pak kakanwil mana HGU yang hanya diam, jadi pajangan dan tidak dimanfaatkan, pungkasnya.(man)