Iklan

October 5, 2022, 03:40 WIB
Last Updated 2022-10-05T10:40:33Z
Mitra

Dinas P2KB Kabupaten Mitra Semangat Bentuk Kampung KB, Sekcam Stela Pogaga : Sukseskan Program KKBPK


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) melakukan kegiatan Pelaksanaan dan Pengelolaan Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kampung KB Desa Towuntu Kecamatan Pasan Rabu 5/10/22.


Kepala Dinas P2KB Kabupaten Mitra Hersi Tuuk melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Yulien Kula ketika menyampaikan informasi terkait Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB untuk terus tumbuh pesat."Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Kabupaten Mitra agar menghasilkan Kampung KB yang merupakan salah satu senjata pamungkas baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang terpantau oleh pemerintah. Kampung KB akan menjadi ikon program KKBPK yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas,"ujarnya.


Sementara itu Kepala Kecamatan Pasan Djelly Kawengian yang diwakili Sekretaris Kecamatan Stela Pogaga mengatakan bahwa untuk wilayahnya ada tiga Desa yang dibentuk Kampung KB."Intinya pihak kami kecamatan terus berupaya melakukan kordinasi untuk mensukseskan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Sebab Prinsi Program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan fungsi keluarga dan Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan,"katanya.


Dirinya mengharapkan kepada Desa-Desa yang telah siap untuk dibentuk Kampung KB agar benar-benar mewujudkan Program KKBPK yang berhasil dan akan bermanfaat."Suksesnya Program Kampung KB di Desa Towuntu,Tolombukan Barat dan Towuntu Timur akan Banyak Manfaat dalam membangun masyarakat berbasis keluarga, mensejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelaksanaan integrasi program lintas sektor. Pembangunan lintas sektor dan kemitraan melibatkan peran bernagai pihak seperti swasta, provider, dan pemangku kepentingan lainnya,"pungkas Pogaga.


Kegiatan Pelaksanaan dan Pengelolaan Program KKBPK di Kampung KB diikuti Hukum Tua,Pengurus PKK,Perangkat Desa,BPD,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,PLKB dan Unsur Jurnalis.(hak)