Iklan

October 29, 2022, 21:58 WIB
Last Updated 2022-10-30T23:33:27Z
LipsusPariwisata

Dorong Visi Misi Gubernur, Dinas Kebudayaan Sulut Target Museum Jadi Prioritas Kunjungan Turis

Kadis Kebudayaan Sulut, Jani Lukas, S.Pi, M.Si

jurnalmanado.com - Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara terus berbenah guna mendorong visi misi Gubernur Sulawesi dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara yang salah satunya adalah pariwisata. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Jani Lukas. 

Menurutnya, program kebudayaan sangat berkaitan erat dengan dunia pariwisata untuk ditonjolkan dan dikenalkan lebih jauh.

Kadis bersama  Josua Kodongan S.Kep dan Angelica Erawan
Meraih prestasi di ajang Putra-Putri Kebudayaan Nusantara Nasional 2022


“Makanya, untuk memantapkan program kebudayaan dalam menunjang pariwisata, kita terus koordinasi bersama semua UPTD dan dinas kebudayaan di kabupaten/kota,” terangnya.

Pameran Perupa Muda se Sulawesi Utara di Atrium UPTD Taman Budaya dan Musem Sulut

Salah satu yang menjadi target yaitu pembenahan museum. Dimana museum merupakan tujuan dari turis baik domestik maupun mancanegara apalagi saat ini telah ada kerjasama penerbangan langsung antara jeju air Korea Selatan dengan pemprov sulut. 


"Keberadaan museum ini tentunya salah satu penyokong program pariwisata. Kunjungan turis yang membutuhkan informasi menarik seperti sejarah asal usul sulut, koleksi yang menarik sehingga turis merasa puas dan nyaman," kata Lukas. 


Lanjutnya, saat ini pihaknya sudah melakukan pembenahan antara lain penataan koleksi museum yang dibuat bervariasi dan program sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih mengenal museum apalagi dikalangan siswa dan mahasiswa. 

Kadis Saat Berfoto Bersama Siswa - siswi Usai Mengunjungi Museum

"Kami sementara mempersiapkan sertifikasi untuk tenaga kurator, registrar dan konservator serta meningkatkan strategi promosi secara lebih efektif dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pak gubernur sangat meng suport pengembangan museum sehingga ada dukungan dana. Pun dukungan dana dari pusat, " ungkapnya. Sembari menambahkan bahwa usia museum sudah 40 tahun lebih sehingga memang perlu ada perbaikan dan pembenahan. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid mengunjungi Museum Daerah dan Taman Budaya Sulawesi Utara (Sulut). 


Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Hilmar Farid mengunjungi Museum Daerah dan Taman Budaya Sulawesi Utara (Sulut). 



Farid melihat secara langsung keberadaan museum yang belum lama mendapat akreditasi B . 

Farid memberikan apresiasi yang dibuat Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam memajukan Museum dan Taman Budaya.

(man)