Iklan

October 30, 2022, 16:34 WIB
Last Updated 2022-10-30T23:34:36Z
Mitra

HUT KGPM Ke 89, Bupati James Sumendap : KGPM Harus Tetap Bangkit


Jurnal,Mitra - Hari Ulang Tahun (HUT) ke 89 Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM) digelar ibadah Agung, di Taman Kota Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sabtu 29/10/22.


Kegiatan Ibadah Agung diawali dengan prosesi jalan para seluruh gembala KGPM yang di saksikan ribuan orang yang memadati ibadah Agung HUT ke 89 KGPM yang mrngambil tema ‘Kasih Karunia Kristus Memulihkan dan Memberdayakan’.


Ketua Panitia Panitia pelaksana harian Pnt Temmy Naray dalam laporannya memberikan Apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Mitra yang telah menopang kegiatan HUT KGPM ke 89."Terima kasih Pak Bupati James Sumendap, juga kepada para Camat Tombatu, Tombatu Utara dan Tombatu Timur serta Hukum Tua yang sudah mendukung dan membantu kami Panitia,"ungkapnya.


Ibadah Agung dipimpin Gbl Fera Lintong Mth yang juga selaku Ketua Majelis Gembala KGPM.


Ketua Umum Pucuk Pimpinan Gembala Francky Londa, S.Th, Mth dalam sambutannya mengatakan, Gereja bukanlah tentang apa yang telah kita kerjakan. Tetapi, tentang siapa Tuhan kita. Gereja, bukan tentang siapa kita. Tetapi, apa yang telah Tuhan kerjakan.“Umur 89 tahun oleh kasih karunia Tuhan Jesus Kristus, KGPM hadir sebagai gereja perjuangan, gereja merah putih, dan gereja kebangsaan. Hanya oleh anugerah Tuhan KGPM hadir,”ujarnya.


Kedepan, KGPM akan menjadi berkat bagi Indonesia, KGPM akan menjadi berkat bagi gereja Tuhan, bahkan seluruh dunia.“Maka itu saya mengajak kepada seluruh jemaat Tuhan KGPM, mari kita melangkah kedepan. Dunia sedang berubah,perubahan ini sangat krusial. Kami sangat percaya kasih karunia Kristus akan memurnikan dan memberdayakan,”ungkap Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM sembari memuji Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, SH, MH yang juga sebagai Ketua Umum Panitia HUT ke 89 KGPM sebagai pemimpin ‘All Out of The Box’ (berpikir kreatif dan inovatif berbeda dengan orang kebanyakan). “Bapak Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, SH, MH seorang pemimpin yang berkarisma, seorang pemimpin yang selalu berpikir ‘All Out of The Box’ di luar kotak,”Pungkas Gembala Londa.


Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap, SH, MH menyampaikan, Gereja KGPM lahir dari awal gereja negara di tahun 1933. Pada tanggal 29 Oktober 1933 berpisah menjadi, gereja Kerapatan Gereja Protestan Minahasa.“Ini sangat luar biasa, saya mau mengajak kepada warga KGPM. Kita tidak pernah melihat, masyarakat minoritas, jemaat minoritas. Jemaat KGPM memisahkan diri sebelum Indonesia merdeka,”tukas Sumendap.


Lebih lanjut dikatakan Sumendap, kita itu sama, kita itu satu, kita berdiri bersama, kita duduk sama rendahnya. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menghormati perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia.“Karena saya adalah orang Nasionalis yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan perjuangan merah putih. Mari, kita bersama untuk mengobarkan semangat dari para generasi mudah. Generasi yang dipakai Tuhan, gereja KGPM harus untuk tetap bangkit. Terus bangkit dalam rangka terus mempertahankan bingkai NKRI,”tutur Sumendap yang juga merupakan Ketua Umum Panitia HUT ke 89 KGPM tahun 2022.


Sumendap juga mengajak, gereja adalah pelopor kebangsaan. Mari kita tetap jaga keutuhan ini, kita jaga keutuhan kesatuan dan persatuan ini, tetap kita perjuangkan untuk tujuan yang mulia.“Ini merupakan satu semangat yang sangat luar biasa, semangat kebersamaan ini. Kepercayaan gereja terhadap saya, kepercayaan gereja kepada Pemerintah Kabupaten Mitra. Mari kita sambut dengan sukacita yang luar biasa,”ajak Sumendap.


selesai ibadah Agung dilanjutkan dengan pawai mobil hias yang disaksikan seluruh undangan yang ada.


Turut hadir dalam ibadah Agung HUT ke 89 KGPM yaitu Mewakili Gubernur Sulut, mewakili Bupati dan Wakil Bupati se-Provinsi Sulawesi Utara, mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulut, Danlantamal VIII Manado Mayor Marinir David Sinewe, bersama jajaran TNI dan Polri, Perwakilan Mitra Gereja dari Australia, Wakil Bupati Mitra Drs. Jesaja Jocke Legi, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM, Kapolres Mitra AKBP Ferri Sitorus, Asisten I Arnold Mokosolang, MM, Asisten II Janni Rolos, S.Sos, ME, Asisten III, Pejabat Eselon II, para Camat dan Kabag serta Hukum Tua se-Kabupaten Mitra, seluruh pucuk Pimpinan Majelis Gembala, seluruh Gembala KGPM dan majelis jemaat dan seluruh jemaat KGPM seluruh Indonesia. (hak)