Iklan

October 31, 2022, 06:59 WIB
Last Updated 2022-10-31T13:59:22Z
MitraUtama

Sekretaris DPRD Kabupaten Mitra Djelly Waruis : Bamus Merupakan AKD Memegang Peranan Penting


Jurnal,Mitra - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengungkapkan bahwa  Badan Musyawarah (Bamus) merupakan salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang memegang peranan penting. 


Sekretaris DPRD Kabupaten Mitra Djelly Waruis menyampaikan bahwa Bamus memegang peran yang vital karena sebagian besar keputusan penting yang diambil oleh Dewan harus melalui Bamus terlebih dahulu."Banmus dilaksanakan rutin setiap bulan karena semua agenda dewan harus dibahas dalam bamus. Harus dijadwalkan rapat kerja, jadi tidak ada kegiatan yang diluar bamus,"ujarnya ketika ditemui diruang kerjanya Senin 31/10/22.


Iapun menjelaskan bahwa setiap AKD Sekwan dilibatkan sebagai sekretaris."Saya sebagai Sekwan dilibatkan sebagai sekretaris. Peran Bamus sangat sentral dalam menentukan arah dan kinerja DPR, termasuk fungsi legislasi dan pengawasan, dengan menyesuaikan kondisi internal tatib masing-masing DPRD sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien,"jelas Waruis.


Ditambahkannya Bamus dibentuk oleh Dewan dan merupakan alat kelengkapan Dewan yang bersifat tetap."Dewen menetapkan susunan dan keanggotaan Badan Musyawarah pada permulaan masa keanggotaan DPR dan permulaan tahun sidang yang ditetapkan oleh rapat paripurna,"pungkas Waruis.(hak)