Iklan

November 11, 2022, 07:20 WIB
Last Updated 2022-11-11T15:20:20Z
Mitra

Ikuti Bimtek dan Rakornas BPD II, Utusan Sulut Sony Pondalos Pimpin Sidang Rakornas Padang 2022 //


Jurnal,Mitra - Penting adanya peningkatan kapasitas Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk dijadikan modal untuk bersama-sama dalam mengisi dan menyukseskan pembangunan di desa maka dilaksanakan Bintek dan Rakornas BPD II di Hotel Trumtum Padang sumatra Barat 8-10/11/2022.


Pada kegiatan Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) II tersebut diketahui Utusan dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diberikan kepercayaan untuk memimpin Sidang.


Utusan Sulut tersebut yaitu Sony Pondalos SE yang juga merupakan Ketua BPD Desa Betelen Kecamatan Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara sekaligus selaku Wakil Ketua DPP PABPDSI (Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia).


Peningkatan kapasitas BPD merupakan modal untuk bersama-sama dalam mengisi dan menyukseskan pembangunan di desa, Optimalisasi tugas dan fungsi BPd dalam rangka mendukung penyelengaraan Pemerintahan Desa yang Efektif, Efisien dan Akuntabel.."Tak lain berujung pada peningkatan pelayanan publik hingga derajat paripurna dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di desa,"ujarnya.


Bintek dan Rakornas BPD II  tersebut, dibuka secara resmi oleh Kementerian Desa Transmigrasi dan Daerah Tertingga melalui Dijen Bina Pemdes, Dr Eko Prasetianto


Kegiatan tersebut yang berlangsung selama tiga hari di hadiri langsung oleh Ketua Umum PABPDSI, Fery Radiansyah,ST., MM, Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, Staf ahli mentri desa dan Ketua APDESI Suta Wijaya.


Diketahui bahwa PABPDSI adalah organisasi/ perkumpulan Anggota BPD seluruh Indonesia yang telah memiliki SKT dari Kementerian Dalam Negeri dan kepengurusannya telah terbentuk dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat kecamatan pada 2019 lalu.(hak)