Iklan

November 14, 2022, 09:21 WIB
Last Updated 2022-11-17T17:36:21Z
Pendidikan

Ratusan Hasil Penelitian Unsrat Dipatenkan


jurnalmanado.com – Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc, DEA, mengatakan, sejak 2019 Unsrat telah membentuk Pusat Hak Kekayaan dan Inovasi (HKI). Dan ratusan hasil penelitian para dosen Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) telah dipatenkan.

“Pendaftaran paten dari dosen dan peneliti  terus meningkat. Hingga tahun 2022 ini jumlah paten sederhana Unsrat mencapai 420-an,” ungkap Prof Kumaat saat membuka kuliah umum di Rektorat Unsrat, Selasa (15/11/2022). Sembari mengatakan bahwa saat ini, Unsrat berada di posisi ke-6 tahun 2020 dan tahun 2021 ke-5.

“Unsrat terus berupaya agar tetap berada pada posisi yang sama di tahun 2022 ini,” ujarnya.


Ia berharap dengan bantuan dan pendampingan yang terus difasilitasi DJKI jumlah sertifikat paten dari para inventor di Unsrat akan terus meningkat


Sementara itu Plt Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Ham Ir. Razilu M.Si, menyampaikan materi tentang Penguatan Pelayanan Publik Kekayaan Intelektual Bagi Civitas Akademika.


Kepada para dosen dan mahasiswa Unsrat, Razilu menyampaikan bahwa kunjungannya ke Unsrat, karena universitas ini, memiliki kenaikan peringkat dalam pendaftaran paten di tingkat nasional dan juga menyampaikan DJKI telah melakukan peluncuran aplikasi Persetujuan Otomatis Perpanjangan (POP) Merek sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik di bidang merek yang lebih cepat, tepat, dan handal.


(*wik)