Iklan

January 31, 2023, 17:41 WIB
Last Updated 2023-02-01T01:41:37Z
Mitra

Antisipasi Penularan DBD, Lurah Lerry Momongan Himbau Warga Lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk


Jurnal,Mitra - Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya, dapat menimbulkan kematian dalam waktu singkat dan sering menimbulkan wabah.


Adapun Penyebab DBD karena infeksi Virus Dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes Aegypti betina (dominan) maupun Aedes Albopictus. Biasanya nyamuk betina mencari mangsanya pada siang hari. Aktivitas menggigit biasanya pagi (pukul 09.00-10.00) sampai petang hari (16.00-17.00).


Pemerintah Kelurahan Nataan Kecamatan Ratahan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Melaksanakan kegiatan Foging untuk membunuh nyamuk, Selasa 31/1/23.


Lurah Nataan Lerry Momongan menghimbau Kepada Masyarakat untuk agar melakukan langkah-langkah Pencegahan Demam Berdarah dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan Cara melakukan 3 M ( menutup,menguras dan Mendaur Ulang)."Membersihkan barang barang bekas yang dapat menampung air hujan, Menguras / Membersihkan tempat penampungan air, memperhatikan Lingkungan sekitar dengan memembersihkan saluran air dan sampah-sampah yang dapat menyebabkan potensi bersarangnya nyamuk Aedes Aegypti,"ungkap.


Momongan menjelaskan bahwa fogging hanya efektif dalam membunuh nyamuk dewasa tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk."Pentingnya pengetahuan masyarakat untuk dapat melakukan juga pola hidup sehat dengan memperhatikan semua aspek kondisi kesehatan. Buka hanya soal makanan, tapi juga kebiasaan kita dalam menjalani gaya hidup sehat dengan lingkungan yang bersih karena Kesehatan adalah hal penting yang mendukung semua kegiatan dan aktivitas yang kita lakukan,"jelasnya.(hak)