Iklan

January 24, 2023, 14:38 WIB
Last Updated 2023-01-24T22:38:46Z
MitraUtama

Bupati James Sumendap Tegaskan Konsultasi Publik Rancangan RPD Perlu Sesuai Amanat UU Dan Intruksi

Jurnal,Mitra - Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap menegaskan perlunya Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Rencana Pembagunan Daerah (RDP) dalam rangka mengisi kekosongan Jabatan Bupati Definitiv.


Melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra melaksanakan kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024-2026, selasa 24/1/23 di sprthall Kantor DPRD Mitra.



Bupati Mitra 2 Periode itupun dalam sambutannya mengatakan, selama 10 tahun kepemimpinannya mengikuti akan kegiatan atau program  yang ditetapkan dan diterapkan dalam Visi dan Misi James Sumemdap dan Joke Legi yang dituangkan Dalam RPJMD." Kegiatan Konsultasi Publik ini perlu dalam rangka persiapan pengisian lowong jabatan definitif sebagai bupati mitra 2024 yang masa jabatan berakhir pada tahun ini (2023),"ujar Sumendap.


Dirinya menegaskan bahwa sesuai intruksi Menteri Dalam Negeri Dalam Negeri Nomor 52 tahu  2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023 dan daerah otonom baru."Wajib dilaksanakan konsultasi publik untuk menghasilkan Rancangan Rencanan Pembangunan Daerah (RDP). Jadi sekali lagi ini hanya untuk membahas pembangunan mengisi yang jabatan lowong sesuai amanat Undang-undang dan Permendagri serta Intruksi Mendagri,"tegas Sumendap.


Iapun menjelaskan dalam konsultasi publik rancangan RDP tersebut yang tidak meningalkan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) 25 Tahun."Oleh sebab itu  dalam proram ini kita akan mengusulka pogram yang oleh RPJM dan kemudian disinergikan dengan RPJP tahun 2024. RKPD tahun 2024 sangat spesial karena itu berdasarkan usulan dan masukan dari hasil konsultasi publik,"jelas JS pangilan akrabnya.


Untuk itu Bupati berharap program kedepan akan bersinergi dengan yang sudah tertuang pada RPJP."Oleh sebab itu menjadi  harapan kita bahwa program-program yang akan datang itu mudah-mudahan sejalan dan bersinergi dengan apa yang terkandung dalam RPJP,"pungkas Sumendap.(hak)