Iklan

January 9, 2023, 04:20 WIB
Last Updated 2023-01-09T12:20:17Z
MitraUtama

Wakili Bupati Sumendap, Sekda Lalandos Terima LHP Pengembangan Komoditi Kelapa Dari BPK


Jurnal,Manado - Sekretaris Daerah David Lalandos AP.MM mewakili Bupati James Sumendap, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), terkait upaya budidaya, pengolahan, dan pemasaran hasil perkebunan kelapa, tahun anggaran 2020 sampai semester I 2022, di Manado, Senin (9/1/23).


Adapun penerimaan LHP tersebut Sekda Lalandos didampingi Kepala Inspektur Daerah Marie Mwakalow dan dari pihak DPRD dihadiri Wakil Ketua Tonny Hendrik Lasut (THL).


Pada kesempatan itu, Lalandos menyampaikan, bahwa, LHP tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan BPK terkait pengembangan komodoti kelapa di Minahasa Tenggara.


“Ini merupakan  hasil dari pemeriksaan dari BPK terkait dengan pengembangan komoditi kelapa di Kabupaten Minahasa Tenggara," kata Sekda.



Lalandos mengungkapkan, ada sejumlah catatan yang diberikan BPK berdasarkan hasil pemeriksaan kinerja serta efektivitas, pada pengembangan sektor perkebunan khususnya komoditi kelapa.


"Ada sembilan belas rekomendasi yang dikeluarkan BPK, yang semuanya berkaitan dengan upaya budi daya, pengelohan kelapa sampai pada produk turunannya, serta proses pemasarannya," jelasnya.


Selain itu mantan Kepala Inspektorat Mitra ini mengatakan, pemberdayaan bagi para petani, dan pengembangan industri, serta memaksimalkan investor lokal perlu digiatkan pemerintah daerah.


“melihat hasil  peningkatan produksi kelapa dan turunannya sehingga dapat memaksimal nilai ekspor daerah," ucapnya


Lalandos menambahkan, 

salah rekomendasi yang sangat penting yakni, perlu adanya rencana induk pengembangan perkebunan daerah, khususnya komoditi kelapa.


"Rencana induk pengembangan Pemkab Mitra akan melibatkan lintas perangkat daerah agar kedepan pengembangan perkebunan daerah khususnya komoditi kelapa akan lebih maksimal,”tandas Sekda David Lalandos.(hak)