Iklan

February 2, 2023, 20:40 WIB
Last Updated 2023-02-03T04:40:05Z
Mitra

37 Kasus 1 Meninggal Dunia Gigitan Hewan Anjing Tercatat Bulan Januari 2023


Jurnal,Mitra - Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Tercatat sejak bulan januari sudah 37 kasus gigitan hewan anjing dan 1 warga di kecamatan silian timur dinyatakan telah meninggal dunia akibat gigitan hewan penular rabies. 


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, dr Tommy Soleman, Rabu 1/2/23 membenarkan hal tersebut. Korban dinyatakan meninggal dunia di RSUP Prof Kandou Manado pada tanggal 31 Januari. Setelah dilakukan rujukan dari Puskesmas Tombatu. "Saat ini kami masih akan menyelidiki lagi siapa-siapa keluarga dan kerabat  yang sempat kontak erat dengan korban dan kita akan memberi penanganan," kata Soleman. 


Mantan kaban balitbang menjelaskan,  rabies ini ditularkan melalui air liur hewan yang terinfeksi, yang masuk ke dalam tubuh melalui infiltrasi air liur yang mengandung virus melewati luka. "Seperti adanya cakaran atau gigitan. Selain anjing, kucing dan kelinci peliharaan, juga dapat  menyebabkan rabies," jelasnya.

 

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat untuk terus waspada ketika mengalami gigitan anjing, karena rabies tergolong penyakit berbahaya bisa menyebabkan kematian jika tidak cepat ditangani."Apabila ada warga terkena gigitan anjing, langkah pertama harus mencuci bekas luka itu dengan sabun dan air mengalir selama 15 menit, kemudian langsung pergi ke rumah sakit atau puskesmas setempat untuk diberikan penanganan melalui suntikan vaksin anti rabies. Kemudian memberitahukan kepada pemilik hewan peliharaan anjing untuk memelihara anjingnya dengan sebaik-baiknya," pungkas Soleman.(hak)