Iklan

February 21, 2023, 00:01 WIB
Last Updated 2023-02-21T08:01:17Z
Politik

JAK: Pelantikan Bapera 27 Februari, Di Lokasi Bencana Kota Manado


JurnalManado - Ketua Barisan Nusantara (Bapera) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jems Artur Kojongian (JAK) mengatakan, pada Senin tanggal 27 Februari bakal digelar pelantikan pengurua Bapera di 7 Kabupaten/Kota.


"Saya selaku Ketua Bapera Sulut akan melaksanakan pelantikan pengurus Bapera di 7 Kabupaten/Kota.


Pelantikan tersebut, akan dipimpin Ketua Umum Barisan Nusantara (Bapera ), Fahd El Fouz Arafiq, S.E., M.M, atau biasa dikenal dengan Fahd Arafiq, akan melantik pengurus  Bapera di 7 Kabupaten /Kota," jelas Wakil Ketua Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kepada JurnalManado.com Selasa (21/2/2023) di ruang kerjanya.



Di jelaskan Ketua Harian Golkar Sulut itu, pelantikan akan dipusatkan di lokasi bencana di Kota Manado.


Ditanya soal lokasi pelantikan politisi partai golkar Sulut ini menambahkan, lokasi bencana sebagai bentuk eksistensi dan keterpangilan Bapera sebagai Ormas yang peduli terhadap berbagai persoalan kemanusiaan dan kemasyarakatan.


"Meski dapat dikatakan sebagai Ormas baru, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik dan kemasyarakatan yang tersebar luas di berbagai Daerah termasuk juga di daerah ini," jelas Legislator Sulut daerah pemilihan (dapil) Mitra-Minsel.


JAK begitu disapa mengatakan, Bapera Sulut juga akan merampunglam kepengurusan di 15 Kabupaten/Kota dalam proses organisasi dan kelembagaan.


Ditempat yang sama Sekretaris Bapera Sulut Ruby Rumpesak, SH menjelaskan setelah pelantikan Bapera Sulut juga akan menyalurkan bantuan berupa bahan material kepada warga korban bencana di Kota Manado.


"Bapera hadir sangat dekat dengan masyarakat bahkan menujukkan Sense of belonging atas keprihatinan akibat musibah yang dialami warga kota Manado.Pak Ketum dan Ketua Bapera akan menyalurkan banyak bantuan. Tapi bukan lagi berbentuk sembako, tapi bahan material bangunan ," jelas Ruby.


Tambah Ruby, pelantikan  Bapera ini akan dilaksanakan di 7 kab/kota,   5 di Bolmong 1 Sanger 1 Mitra.


Selain Bapera  juga akan dilantik dengan Brigade Bapera. Brigade Bapera ini adalah pasukan khusus,' urai Ruby.


Pelantikan Bapera akan dilaksanakan pada 27 Februari 2023 di kota Manado.


Diketahui Barisan Pemuda Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Bapera, merupakan salah satu organisasi masyarakat yang berorientasi pada perjuangan serta pengabdian kepada masyarakat.


Selain itu, sebagai organisasi masyarakat Bapera bersifat terbuka, Independen dan mandiri serta tidak terikat dengan partai politik manapun. Meski dapat dikatakan sebagai Ormas baru, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik yang tersebar luas di berbagai Daerah.


Dengan berasaskan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bapera resmi berdiri sejak 19 Mei 2016 di Jakarta. Organisasi Masyarakat ini sendiri didirikan oleh Fahd El Fouz Arafiq (Fahd Arafiq) dengan harapan Bapera akan menjadi ormas yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.(tino)