Iklan

March 13, 2023, 20:43 WIB
Last Updated 2023-03-14T03:43:23Z
BolmongUtama

Bupati Limi Mokodompit Buka Pencanangan Penanaman Pohon. Ini rangkaiannya

Bupati Limi Mokodompit Saat Diwawancarai Wartawan

Jurnal Manado - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (14/03/2023) menggelar kegiatan penanaman pohon yang dirangkaikan Pencanangan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023 dan Penyerahan Sertifikat ProKlim (Program Kampung Iklim) tahun 2022 Tingkat Pratama yang telah diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Desa Bintau dan Desa Bulud, Bolaang Mongondow. 

Penjabat Bupati Limi Mokodompit mengatakan kegiatan lingkungan berdampak besar pada pelestarian alam. 

Menurutnya, kegiatan ini sebagai bagian konservasi kawasan guna mendukung pemulihan ekosistem dalam upaya rehabilitasi lingkungan di Kabupaten Bolaang Mongondow

dan memperkuat komitmen dan peran aktif Pemerintah daerah, produsen/pelaku usaha dalam pengelolaan sampah secara sistematis dan integratif di sector perkantoran, permukiman, indsutri, pendidikan dan lain-lain.

Penyerahan bantuan berupa Sertifikat ProKlim (Program Kampung Iklim) kepada Sangadi Desa Bintau dan Bulut

Memperkuat gerakan nasional adaptasi dan mitigasi berbasis komunitas sebagai respon terhadap dampak perubahan iklim di tingkat tapak (kampung/dusun), serta sebagai  sarana edukasi bagi kita semua para pemangku kepentingan dalam pelestarian lingkungan hidup.

Limi yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulut memberikan apresiasi yang tinggi dengan kegiatan yang sangat bermanfaat dan strategis. 

"Kita suport dan dukung bersama bagi pelestarian alam dan peduli lingkungan, dalam perwujudan tanggungjawab sosial, dan semoga kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem kita, yang pada akhirnya memberikan dampak kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmong,”ujar Bupati. 

Pada kesempatan itu juga, Bupati mengajak seluruh warga Bolaang Mongondow untuk giat menanam demi pelestarian lingkungan. 

Usai memberikan sambutan Limi menyerahkan bantuan berupa Sertifikat ProKlim (Program Kampung Iklim) kepada Sangadi Desa Bintau dan Bulut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan alat kebersihan. 

Dan dilanjutkan penanaman bibit pohon. 

Perwakilan DLH Provinsi Sekretaris Dinas DLH Sulut Ir. Robert Senduk MSi, Kabid P2KL Danso Ayhuan, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LH Arfan Baduki

Sebelumnya Sekretaris Dinas DLH Sulut Ir. Robert Senduk MSi, melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Surat Edaran Menteri KLHK Nomor: SE.1/MENLHK/PSLB3/PLB.0/1/2023 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2023.


Diketahui kegiatan penanaman Bibit pohon sebanyak 400 bibit pohon terdiri dari pohon kayu terdiri dari campuran pohon kayu cempaka dan jenis buah buahan dan 500 bibit disumbangkan oleh PLN Cabang Bolaang Mongondow.

Hadir dalam kegiatan Sangadi Kecamatan Passi Barat, Kapolsek Passi Barat, Danramil Passi, serta DLH Kabupaten Bolmong. (man)