Iklan

March 23, 2023, 06:21 WIB
Last Updated 2023-03-23T13:21:24Z
Mitra

Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra Gelar Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Peran Bunda PAUD


Jurnal,Mitra - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Peran Bunda PAUD tahun 2023 di Novotel Manado, 2O-22/3/23.


Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas dan Peran Bunda PAUD dibuka oleh Sekretaris Daerah David Lalandos dan di tutup oleh Wakil Bupati Joke Legi.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Sarah Kindangen mengatakan bahwa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan anak,dimana usia 0 sampai 6 tahun adalah usia emas yang sangat penting untuk menerima stimulasi. "Pendidikan, khususnya PAUD, merupakan faktor penting untuk bersaing di era globalisasi. Daerah saat ini dituntut untuk dapat memberikan layanan pendidikan PAUD berkualitas, yang merupakan upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai prinsip holistik dan siap bersekolah," katanya.


Dalam penjelasannya, Jika PAUD berkualitas memerlukan dukungan dari seluruh stake holder bahkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. "Peran strategis dalam menciptakan layanan PAUD berkualitas adalah Bunda PAUD. Karena Bunda PAUD merupakan penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya masing-masing, guna mendukung terwujudnya layanan PAUD berkualitas," jelas Kindangen.


Adapun Penyelenggaraan Bimtek Penguatan Kapasitas Peran Bunda PAUD bertujuan untuk mendukung optimalisasi peran Bunda PAUD dalam mewujudkan layanan PAUD berkualitas dan juga memberikan pengetahuan dan sinkronisasi program Bunda PAUD di Kabupaten Mitra. "Diharapkan melalui kegiatan ini para Bunda PAUD dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sungguh-sungguh selama 3 hari, agar semakin memahami fungsi dan peranannya dalam pembinaan dan pengembangan PAUD di wilayah kerjanya masing-masing,” pungkas Kindangen.(hak)