Iklan

March 14, 2023, 07:08 WIB
Last Updated 2023-03-14T14:08:12Z
Mitra

Kadis Pendidikan Sarah Kindangen : Sukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka


Jurnal,Mitra - Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengelar kegiatan In Service Penguatan Guru dan Kepala Sekolah 14-16 Maret 2023.


Kegiatan In Service Penguatan Guru dan Kepala Sekolah daerah sasaran Kabupaten Mitra Program Organisasi Penggerak (POP) Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tingkat SD tahun 2023 di D"Jtos Residence Ratahan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra Sarah Kindangen, Selasa 14/3/23.


Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Mengatakan IGI merupakan organisasi Profesi Guru yang terus bekerjasama untuk menyukseskan Implementasi Kurikulum Merdeka, dalam hal ini peningkatan kapasitas tenaga kependidikan. "Ini sudah tahun ke tiga yang merupakan tahun terakhir untuk POP, tentu sudah banyak yang didapati sebagai sekolah sasaran POP dibawah naungan kemendikbudristek kita harus terus berkolaborasi. Sebagai organisasi penggerak harus ada hasil,"kata Kindangen.


Kepada 15 sekolah sasaran Kadis menegaskan akan mengevaluasi akan hasil dari POP selama 3 tahun. "Tentu peningkatan Implementasi kurikulum merdeka yaitu literasi, numerasi dan penguatan karakter peserta didik harus ada hasil. Dari 15 sekolah sasaran ini akan dievaluasi, sasaran POP ada hasilnya atau tidak selama 3 tahun, literasi, numerasi akan meningkat atau Menurun. Ini harus dibuktikan oleh peserta 15 sekolah sasaran POP bahwa Meningkatnya hasil belajar anak didik,"tegas Kindangen.


Ditambahkannya bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Mitra terus dan telah mengupayakan program program pengembangan kurikulum Merdeka dalam hal literasi, numerasi dan penguatan karakter peserta didik. "Ada beberapa kegiatan yaitu Implementasi kurikulum Merdeka, program pelatihan pelatihan yang sudah dirampungkan dalam APBD tahun 2023. Kami berupaya Kemendikbudristek memberikan bantuan lewat kegiatan POP untuk penguatan kapasitas kepada kepala sekolah dan guru, Tetap selalu bekerjasama sebagai peran kepala sekolah dan peran guru dalam menerima materi-materi dari narasumber yang berkompeten selama kegiatan. Selesai dari kegiatan ini dapat diimplementasikan ke sekolah dengan hasil yang luar biasa sesuai yang kami harapkan," pungkas Kindangen.(hak)