Iklan

March 30, 2023, 05:52 WIB
Last Updated 2023-03-30T12:52:44Z
MitraUtama

Kadis Perkim Rommy Ole : Partispasi Masyarakat Dalam Menyampaikan Informasi Sangat Penting


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman melaksanakan Update Data Baseline Kawasan Kumuh.


Kepala Dinas Rommy Ole kepada wartawan di ruang kerjanya Kamis 30/1/23 menyampaikan bahwa Kondisi terkini untuk pendataan baseline kawasan kumuh di Kabupaten Mitra dilakukan untuk update data terkini."Pelaksanaan Pendataan Permukiman Kumuh tentu saja sudah seharusnya lagi dilakukan kembali, dalam pendataan sudah dilakukan sosialisasi kepada Pemerintah Desa,"ujarnya.


Pelaksanaan Pendataan Permukiman Kumuh sangat dibutuhkan informasi dari masyarakat untuk memberikan data yang benar dan pasti."Partisipasi warga masyarakat sangat penting dalam memberikan informasi dan pemerintah desa harus buktikan bahwa warga bisa berperan, tidak hanya saat menikmati hasil atau membangun infrastukturnya saja tetapi mulai dari awal perencanaan," ungkap Ole.


untuk itu mantan Kadis PU PR Kabupaten Mitra itu menjelaskan Data Update Kondisi terkini untuk pendataan baseline kawasan kumuh yaitu informasi umum seperti Keteraturan bangunan hunian, Kelayakan bangunan hunian, Akses air minum, Pengelolaan sanitasi, Pengelolaan sampah rumah tangga dan informasi Data Non Fisik seperti Pendapatan rumah tangga, Pelayanan fasilitas sosial dan Aspek penguasaan bangunan dan lahan."Tujuan utamanya agar sasaran program bantuan pemerintah tepat sasaran. Pendataan adalah satu awal yang sangat penting dari sebuah realisasi rencana yang kemudian mampu mewujudkan sebuah perubahan nyata. Karena itu proses pendataan yang faktual, akurat dan terpercaya akan menunjang perencanaan akan menjadi lebih tepat guna dan tepat sasaran," jelas Ole.(hak)