Iklan

March 3, 2023, 14:34 WIB
Last Updated 2023-03-03T22:34:40Z
Mitra

Persiapan Penilaian, Kemenkumham Sebut Mitra Wajib Pacu Kembali Prestasi Peduli Hak Asasi Manusia


Jurnal,Mitra - Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI melalui kantor wilayah Sulawesi Utara (Sulut) menyebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra)  wajib kembali meraih prestasi seperti tahun 2017 sebagai kabupaten terbaik dalam kepedulian Hak Asasi Manusia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut Reba Paputungan ketika diwawancarai awak media Jumat,3/3/23 di Ruang Sekretaris Daerah. Menurutnya Kabupaten Mitra harus kembali merebut predikat Peduli HAM seperti yang diperoleh pada Tahun 2017 sehingga Bupati James Sumendap diundang Ke Solo untuk mendapatkan penghargaan dari Presiden RI. "Tentu tugas kami hanya mendorong kepada Pemerintah Kabupaten, karena yang akan mengeksekusinya kabupaten Mitra. Kami berharap Kabupaten Mitra dapat kembali meraih Penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM Tahun 2023," ucapnya.

Lanjut disampaikannya bahwa pihak Kanwil Kemenkumham hanya melakukan pendampingan dalam rangka penilaian Kabupaten Peduli HAM.K "Kami melakukan pendampingan pelaporan untuk penilaian Peduli HAM agar Kabupaten Mitra di tahun ini masuk kriteria Kabupaten Peduli HAM," ungkap Paputungan.

Adapun Kabupaten Mitra sudah masuk dalam kategori Kabupaten yang Peduli HAM. " Kabupaten Mitra sudah sangat baik dan bagus dalam kepeduliannya untuk Kabupaten Peduli HAM.Untuk tahun 2022 memang ada kendala dalam memasukkan laporan data sehingga masuk dalam kategori mulai peduli, Tapi yang sebenernya sesuai dengan kenyataan di Kabupaten Mitra Sudah Peduli dengan HAM hanya saja Data Laporannya tidak dimasukkan. Karena Data akan di masukkan dan disampikan ke Direktorat Jenderal HAM dan Ke Menteri sebagai Laporan untuk dinilai," jelas Paputungan.(hak)