Iklan

April 6, 2023, 07:18 WIB
Last Updated 2023-04-06T14:18:39Z
Mitra

Gandeng Pemerintah Kecamatan Tombatu Utara, Kepala UPTD Samsat Kabupaten Mitra Herlina Karepu Sosialisasi Program Keringanan Pembayaran Pajak


Jurnal,Mitra -Dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1444 H di tahun 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Bappeda meluncurkan program Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor.


Diketahui Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) Samsat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengandeng Pemerintah Kecamatan Tombatu Utara melakukan sosialisasi kepada masyarakat pemilik Kendaraan Bermotor untuk Keringanan Pembayaran Pajak, Rabu 5/4/23.


Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tombatu Utara Kepala UPTD Samsat Kabupaten Mitra Herlina Karepu mensosialisasi program keringanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan program Ramadhan 3 Hebat."Di bulan suci Ramadhan 1444 h di tahun 2023, Bappeda meluncurkan Program 3 hebat yaitu pertama Pembebasan pokok dan Denda BbNKB sebesar 100 Persen untuk kepemilikan kedua dan seterusnya, kedua Diskon Pokok pajak untuk kendaraan bermotor pribadi roda 2,3,4 atau lebih yang melakukan pembayaran dan yang ketiga Pembebasan denda keterlambatan pembayaran PKB sebesar 100 Persen," ungkapnya.


Selain itu juga melayani Pembayaran PKB tahunan, Diskon PKB untuk kendaraan yang belum lewat jatuh tempo serta Pembebasan denda untuk kendaraan yang telah lewat jatuh tempo. "Tentunya semua persyaratan seperti Foto KTP serta STNK dan Notice Pajak harus disiapkan untuk melakukan pendaftaran dan melakukan pembayaran sesuai mekanisme," jelas Karepu.


Sementara itu Kepala Kecamatan Tombatu Utara Henny Liwan menuturkan bahwa program pemerintah Provinsi melalui UPTD Samsat Kabupaten Mitra harus dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. "Keringanan pembayaran pajak sangat membantu, mari manfaatkan program tersebut. Dengan memanfaatkan Program Keringanan Pajak ini akan membantu juga pemerintah untuk meningkatkan PAD yang juga akan berdampak pada pembangunan yang da didaerah kita," tuturnya.


Untuk itu dirinya berharap melalui sosialisasi Keringanan Pembayaran Pajak kendaraan bermotor di bulan Ramadhan akan bermanfaat. "Ketika kita melakukan perjalanan dengan Dokumen yang lengkap maka perjalanan kita akan lebih nyaman," tambah Liwan.(hak)