Iklan

April 29, 2023, 05:56 WIB
Last Updated 2023-04-29T12:56:52Z
Mitra

Peringati HUT 340 Wanua Lowu Raya Gelar Ibadah Syukur


Jurnal,Mitra - Wanua Lowu Raya Kecamatan Ratahan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 340 dengan ibadah syukur, bertempat di Kantor Kelurahan Lowu Satu, Jumat 28/4/23.


Peringatan HUT ke 340 Wanua Lowu Raya, diawali dengan jalan sehat bersama serta berziarah ke pemakaman dari para leluhur Lowu Raya yang diikuti pihak Kecamatan Ratahan bersama warga masyarakat yang ada di Kelurahan Lowu Raya.


Ketua Umum Panitia HUT Wanua Lowu Raya, Marti M Ole mengatakan, bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan, pada hari ini kita boleh bersama-sama hadiri peringatan HUT Wanua Lowu ke 340. "Saat ini kita warga masyarakat yang ada di Lowu Raya sangat bersyukur, dimana pada tahun yang lalu pelaksanaan ibadah syukur tidak dilaksanakan dikarenakan Covid-19. Namun pada saat ini, kita semua bisa bersama-sama memperingati HUT Wanua Lowu dengan sukacita iman,” kata Ketua DPRD Kabupaten Mitra.

Srikandi PDI Perjuangan menyampaikan di momen 340 tahun ini. Sebagai mana moto kegiatan HUT ke 340 tahun ini yaitu, Palalos Wu Malalos (melanjutkan perjuangan pendahulu untuk membangun negeri).“Tentunya, di momen HUT ke 340 tahun Wanua Lowu ini. Mari kita bersama-sama melanjutkan perjuangan pendahulu untuk membangun semua bidang. Bukan hanya pembangunan secara fisik tetapi, pembangunan sumber daya manusia.,” ucap Ole.


Ditambahkannya bahwa kita bersyukur Pemerintah saat ini sangat peduli dengan masyarakat banyak. Baik di keagamaan, dan juga di segalah bidang.“Program dari Pemerintah, tentunya hanya untuk kesejahteraan seluruh warga masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Teng gara. Termasuk didalamnya warga masyarakat yang ada di Lowu Raya ini,” tukas Ole sambil menyampaikan, selamat merayakan HUT Wanua Lowu ke 340 tahun. Kiranya di momen HUT Wanua Lowu ke 340 tahun ini, kita tetap terus dan selalu bergandengan tangan, bergotong royong, baku-baku Bae, baku-baku tongka untuk kesejahteraan bersama.


Sementara itu Camat Ratahan Arce Kalalo membawakan smbutan mewakili Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap dan menyampaikan, tentunya pada hari ini warga masyarakat bersyukur. Dimana, dalam ibadah syukur ini kita bisa mengenang jasa-jasa para leluhur pendiri Kelurahan Lowu Raya. Sehingga, di 340 tahun yang lalu peradapan Wanua Lowu boleh bertumbuh, berkembang hingga sampai saat ini.“Karena itu, kami atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Bapak Bupati James Sumendap, Wakil Bupati Jesaja Jocke Legi, sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM. Mengucapkan, banyak selamat kepada pemerintah dan seluruh masyarakat yang ada di Kelurahan Lowu Raya ini,” tuturnya.


Lurah Lowu Satu Stenly Engka juga pada kesempatan tersebut mengucapkan, banyak terima kasih kepada seluruh warga masyarakat, ketua umum Panitia HUT Wanua Lowu Marti M Ole, serta seluruh warga masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan peringatan HUT Wanua Lowu Raya.“Saya ucapkan terima kasih buat seluruh warga masyarakat, serta pemerintah Kecamatan Ratahan yang selalu mendukung kami. Sehingga pada saat ini kita boleh bersama-sama memperingati pada saat ini,” singkat Engka (hak)