Iklan

April 4, 2023, 23:51 WIB
Last Updated 2023-04-12T06:57:28Z
BitungLipsus

Rapat Paripurna LKPJ Walikota, Wakil Walikota Hengky Honandar Bacakan Capaian Kerja Walikota


Jurnal Bitung - DPRD Kota Bitung menggelar rapat paripurna di ruang sidang DPRD Bitung, Sulawesi Utara, Senin (3/4/2023). Rapat paripurna membahas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Wali Kota Bitung tabun 2023.

Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bitung, IGN Rudy Theno. Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Bitung, Aldo Ratungalo dan Wakil Ketua DPRD Bitung, Keegen Kojoh.

Di rapat paripurna itu, Hengky Honandar membacakan LKPJ Wali Kota Bitung yang berisi delapan pencapaian kerja Pemerintah Kota Bitung di 2 tahun berjalan.

Aldo Ratungalo pun memberikan tanggapannya. “Jadi DPRD Bitung akan menindaklanjuti amanat ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka DPRD akan membentuk panitia khusus DPRD Kota Bitung untuk membahas laporan keterangan pertanggung jawaban Wali Kota Bitung tahun 2022,” kata Aldo Ratungalo.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga penandatanganan keputusan DPRD Kota Bitung tentang pembentukan panitia khusus DPRD Kota Bitung untuk membahas LKPJ Wali Kota Bitung tahun 2022 yang disaksikan langsung oleh Hengky Honandar.

Berikut prestasi yang dipaparkan oleh Hengky Honandar.

1. Pemerintah Kota Bitung meraih penghargaan oleh Kementerian Keuangan RI atas keberhasilan Opini Wajar Tanpa Pengecualian 11 kali berturut-turut oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI.

2. Penghargaan terbaik ke-3 kategori Kota dalam Penyelenggaraan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara dan terbaik ke 3 kategori Akses Aman Sanitasi dalam Penilaian Anugerah Sulawesi Utara Sensasional Award tahun 2022 oleh Gubernur Sulawesi Utara.

3. Penghargaan pelayanan publik berbasis hak asasi manusia di pemerintahan daerah. Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan melakukan pembinaan pelayanan publik berbasis HAM pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

4. Pengahargaan sebagai mitra terbaik dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Utara dalam kegiatan penguatan kerja sama dan penghargaan DAK fisik dana desa semester 1 tahun 2022 bertempat di Aula Gedung Keuangan Negara, Manado.

5. Badan Pusat Statistik Sulawesi Utara memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bitung atas dukungan dalam kegiatan survei perilaku masyarakat pada masa pandemi COVID-19 dengan response rate tertinggi pertama yang dilaksanakan secara online dari tanggal 16-25 Februari 2022.

6. Penghargaan atas kontribusi dan kerja samanya dalam mendukung pencapaian 100 persen penerimaan pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bitung selama tahun 2021.

7. Penghargaan juara dua terkait pelayanan KB pasca persalinan tingkat provinsi yang bertempat di Ballroom Hotel Sintesa Peninsula dalam rakor percepatan penurunan stunting tahun 2022 semester 1.

8. Penghargaan ranking 2 kota paling berkelanjutan di wilayah Sulawesi. Kota Bitung meraih ranking 2 di wilayah Sulawesi setelah kota Pare-Pare dalam UI Green City Matric Rankings 2022.(*wik)