Iklan

May 30, 2023, 14:00 WIB
Last Updated 2023-05-30T21:00:50Z
Mitra

Sekda Lalandos Buka Sosialisasi Aplikasi E-BMD serta SUAP-JSJL


Jurnal,Mitra - Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) David H Lalandos, AP, MM membuka secara resmi, sosialisasi Penatausahaan Barang Milik Daerah, lewat aplikasi E-BMD serta penatausahaan persediaan melalui sistem informasi aplikasi persediaan (SUAP-JSJL). Bertempat di Manado, Senin 29/5/23


Lalandos didampingi Asisten Tiga Ir. Elly Sangian, ME dan dihadiri oleh Kepala Badan Keuangan Daerah (Kaban BKD) Mecky Tumimomor, Kabid Aset Enrico Sarilim,SE.


Kepala BPKPD Mitra lewat Kepala Bidang Aset Enrico Sarilim,SH dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan Permendagri no 47 tahun 2021.


“Melakukan pembukuan, inventarisasi dan pelaporan barang milik daerah diikuti oleh para kepala SKPD, pengurus barang serta Pembantu pengurus barang. Kegiatan direncanakan akan dilaksanakan selama 3 hari dari 29 – 31 Mei 2023, menghadirkan para narasumber unsur kemendagri, lembaga pengkajian dan penerapan ilmu administrasi Universitas Indonesia serta tim pengelolaan BMD pada BPKPD Mitra,” ucap Sarilim.


Sementara itu, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM sambutan mengatakan, aplikasi dibuat pada prinsipnya membantu pekerjaan administrasi terlebih khusus bagian keuangan.


“Ketika masih ada permasalahan muncul terkait penggunaan aplikasi tersebut, sering terjadi adalah adanya ketidakcocokan pencatatan antara aplikasi dan persediaan (secara fisik),” ujar Lalandos.


Diapun berharap, dengan adanya aplikasi atau fasilitas-fasilitas yang telah disediakan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sehingga tidak terjadi perbedaan laporan.


“Kiranya kegiatan ini dapat dimanfatkan dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang menjadi harapan pemerintah bisa tercapai. Terlebih khusus penatausahaan barang milik daerah Kabupaten Mitra dapat dilaksanakan dengan baik,” tutup Singkat Lalandos. (hak)