Iklan

June 1, 2023, 06:08 WIB
Last Updated 2023-06-01T13:08:07Z
MitraPendidikanUtama

Bupati James Sumendap Tandatangani MoU Dengan Fisip Unsrat

 Jurnal,Mitra-  Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, mengadakan penandatanganan kerja sama dengan Fakultas Ilmi Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado pada, Rabu 31/5/23 di Kantor Bupati.


Pada kesempatan tersebut Bupati James Sumendap mengatakan, Pemkab mitra akan memberikan yang terbaik, sebab ini suatu kehormatan dari Perguruan tinggi. Lebih khusus lagi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat terhadap Pemkab Mitra.


“Pertama yaitu, pengakuan dari Fakultas, Dimana kalau pihak Fakultas ataupun Universitas belum membuat perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi Belum ada pengakuan, tentunya Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara akan berusaha untuk yang terbaik lewat kerjasama ini,” jelas Sumendap.


Lebih lanjut Bupati menjelaskan capain capaian kabupaten Mitra dalam pemberantasan korupsi, sudah mendapat pengakuan di tinglat nasional dan akan terus berupanya memberikan yang terbaik dengan slogan kabupaten mitra “kami memang beda”.


“Berdasarkan database MCP di Kabupaten Minahasa Tenggara ternyata, tahun 2019 masalah pencegahan dan juga pengawasan korupsi KPK di Minahasa Tenggara terbaik. Termasuk lembaga KPK juga mengakui, juga di tahun 2021 dari 532 Kabupaten dan Kota, serta 34 Provinsi di seluruh Indonesia. Kabupaten Minahasa Tenggara ada diurutan ke empat berkaitan dengan pencegahan korupsi,” tutur Bupati dua periode pilihan rakyat Mitra ini.


Sementara itu, ditempat yang sama Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat Dr. Drs Novie R Pioh M.Si kepada sejumlah awak media mengatakan, sebagai pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsrat. Kita harus memahami, bagaimana dalam mengembangkan institusi.


“Saya sebagai Dekan Fisip Unsrat, sudah melakukan pertimbangan yang matang di berbagai Daerah di Provinsi Sulawesi Utara. Termasuk didalamnya Kabupaten Minahasa Tenggara,” ujar Pioh.


Lebih lanjut dikatakan Pioh, kerjasama ini di dorong oleh kemajuan serta potensi daerah Yang dipimpin oleh Bupati Sumendap ini begitu nampak, Termasuk di dalamnya kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.


“Ketika kita melihat Kabupaten Mitra ini sangat berpotensi dalam pengembangan di bidang Budaya, Sosial, Bahkan kita melihat dari perkembangan di bidang kemasyarakatan, hal ini berorentasi di bidang pemerintahan di bawah Kepemimpinan dari bapak Bupati James Sumendap, Sehingga menurut kami, di Kabupaten Minahasa Tenggara dengan kemajuan- kemajuan sangat pesat sekali. Itu menjadi penilaian kami,” terang Pioh.


Karena itu menurut Dekan Fisip Unsrat tersebut, tujuan kami untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Mengkaji bidang sosial, Ekonomi, Budaya bahkan politik,dan semua ini demi kepentingan seluruh warga masyarakat.


“Saya rasa, para dosen-dosen yang ada di Fisip Unsrat sangat memahami apa yang mereka akan kerjakan di Kabupaten Minahasa Tenggara,” tutup Pioh.


Nampak hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi, Sekertaris Daerah David H Lalandos, AP, MM, para Asisten, Kepala SKPD, serta para Pimpinan dan dosen-dosen Fisip Unsrat. (hak)