Iklan

June 13, 2023, 17:05 WIB
Last Updated 2023-06-14T00:05:12Z
Mitra

Dinas Pertanian Laksanakan Sosialisasi Program LP2B, Joice Tumigolung Pastikan Pekan Ini Selesai


Jurnal,Mitra - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Pertanian melaksanakan Sosialisasi Dalam rangka pengendalian alih fungsi lahan pertanian.


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mitra Vecky Monigir melalui Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Joice Tumigolung ketika melaksanakan sosialisasi di Kecamatan Pasan dan Tombatu Timur Selasa 13/6/23 mengatakan Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) adalah bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan nasional. "Luasan serta sebaran LP2B perlu direncanakan dan ditetapkan dalam peraturan rencana tata ruang daerah. Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan diselenggarakan dengan tujuan, Melindungi kawasan dan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan, Menjamin tersedianya lahan pertanian pangan secara berkelanjutan, Mewujudkan kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan, Melindungi kepemilikan lahan pertanian pangan milik petani, Meningkatkan kemakmuran serta kesejahteraan petani dan masyarakat; Meningkatkan perlindungan dan pemberdayaan petani, Meningkatkan penyediaan lapangan kerja bagi kehidupan yang layak, Mempertahankan keseimbangan ekologis dan Mewujudkan revitalisasi pertanian," jelasnya kepada Hukum Tua se kecamatan Pasan dan Tombatu Timur.


Diketahui Kabupaten Mitra telah menetapkan luasan LP2B  kurang lebih sebesar 2.200 hektar yang rencananya akan diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. "Dalam luasan yang ada, akan menyesuaikan perkembangan perubahan lahan pertanian berdasarkan kondisi terkini, Dinas Pertanian telah melakukan pendataan melalui kegiatan Rekomendasi Perlindungan LP2B. Kami harapkan pihak Pemerintah Desa dapat meneruskan kepada masyarakat agar diketahui secara luas Terkait program LP2B," ujar Tumigolung sambil menambahkan Sebelumnya sudah dilaksanakan di kecamatan Belang dan Tombatu Utara dan daalam waktu Minggu berjalan ini dipuyakan semua kecamatan sudah terlaksana sosialisasi LP2B.(hak)