Iklan

July 12, 2023, 15:24 WIB
Last Updated 2023-07-12T22:24:35Z
Mitra

DP3A Mitra fasilitasi penguatan PUG dan percepatan anggaran rensponsif Gender

Jurnal,Mitra - Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) adalah suatu upaya untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender melalui kebijakan serta program pembangunan, terlebih secara khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).



Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Mitra, Sherly Rompas, saat rapat Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Percepatan Pencapaian Anggaran Rensponsif Gender di Tingkat Kabupaten, Rabu (12/7/23), di kantor DP3A Mitra.


"Poinnya bagaimana penguatan kelembagaan PUG yang mengedepankan keterlibatan perempuan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan maupun evaluasi atas seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan sektor pembangunan di Minahasa Tenggara," ujar Rompas.


Termasuk perencanaan dan kesiapan anggaran yang responsif sehingga mampu mendorong efektifitas dan optimalisasi PUG secara terpadu serta terkoordinasi dengan melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).


"Hal ini tentu bisa dilakukan dengan rencana strategis yang menjelaskan secara ideal visi, misi, strategi, tujuan dan capaian tentang keadilan dan kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki dalam segala bidang," tukasnya.


Diketahui, kegiatan rapat ini merupakan program dari DP3A Provinsi Sulut yang difasilitasi DP3A Mitra. Dan dihadiri unsur SKPD terkait yang diantaranya Bappeda, Badan Keuangan Daerah, PMD serta Inspektorat. Adapun beberapa pemaparan materi dibawakan oleh Dra. Grace Enock, yang merupakan Kabid PUG DP3A Provinsi Sulawesi Utara. (hak)