Iklan

July 22, 2023, 21:53 WIB
Last Updated 2023-07-23T04:53:19Z
Mitra

Launching Kampung Moderasi Beragama, Bupati Sumendap: Yang paling Penting Mari Kita Jaga Bersama Persatuan dan Kesatuan


Jurnal, Mitra - Desa Ponosakan Indah Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama, Bupati James Sumendap, Sabtu 23/7/23 melaunching Kampung Moderasi Beragama.


Dalam sambutannya, Bupati James Sumendap mengatakan, kampung moderasi adalah bagian dari percontohan yang sangat penting dilaksanakan dan Desa ponosakan Indah terpilih menjadi kampung moderasi beragama di kabupaten Mitra yang telah melewati tahapan berbagai macam kriteria dan mereka mampu melewati itu. "Seluruh desa yang ada di Mitra menjunjung tinggi nilai nilai keagamaan, Desa Ponosakan indah dari kategori penilaian mampu memenuhi itu semua, bukti keragaman beragama dan harmonisasi bermasyarakat ada sini," ungkapnya.


Menurutnya Moderasi ini menjadi Role model bagi daerah lain, kedepan setiap desa-desa program yang ada nantinya akan diterapkan di desa-desa yang ada di Mitra untuk dikembangkan dalam berbangsa dan bernegara. "Pencanangan kampung moderasi beragama ini akan berjalan dengan baik, sehingga warga masyarakat yang ada di Mitra akan terus rukun dan damai.Yang paling penting mari kita jaga bersama persatuan dan kesatuan yang sudah terbentuk dengan baik ini, setiap pimpinan keagamaan yang ada harus mampu menjaga keutuhan keberagaman agama yang ada,” tegas Bupati Sumendap.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan Beduk oleh Bupati James Semendap dan Penanda Tanganan batu batu prasasti bersama Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara ‘Hi. Sarbin Sehe.


Kegiatan launching Kampung Moderasi dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara ‘Hi. Sarbin Sehe, Kepala Kemenag Kabupaten Mitra ‘Muh. Thaib Mokobombang, Wakil Bupati Mitra Jesaja Legi, Anggota DPRD Mitra, Tokoh Agama, Danramil Belang Kapten Inf michael Rawung Kapolsek Belang Iptu Elias Sasebohe, Camat Belang Munira Bin Ali, para Hukum Tua, Perangkat Desa dan Masyarakat. (hak)