Iklan

August 14, 2023, 05:42 WIB
Last Updated 2023-08-14T13:11:07Z
PemerintahanTomohonUtama

Dihadiri Ketua DPR RI Puan Maharani dan 42 Dubes Negara, TIFF 2023 Banjir Wisatawan. Olly : Tomohon Jadi Daya Tarik


Jurnal Tomohon - Event pariwisata Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun 2023 menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang berkunjung ke Sulawesi Utara (Sulut), khususnya ke Kota Tomohon.


Hal tersebut terlihat jelas dalam pelaksanaan Tournament of Flower (ToF) atau parade kendaraan hias yang dibuka langsung Ketua DPR-RI Puan Maharani di Kota Tomohon, Sabtu (12/8/2023).


ToF merupakan side event dari TIFF yang memperlihatkan kreativitas kendaraan yang dihiasi beragam jenis bunga hingga tampak menarik perhatian.


Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan, event TIFF 2023 memang telah menunjukkan bahwa Tomohon sebagai daerah yang menjadi daya tarik wisatawan nusantara dan mancanegara.



“Sebagai bukti, ada 42 duta besar dan perwakilan negara sahabat yang datang menyaksikan TIFF 2023,” ujarnya.

Ia berharap, masyarakat Kota Tomohon untuk dapat terus mempertahankan dan mengembangkan event tersebut dalam memajukan daerah.


Gubernur Olly mengucap syukur dan sangat mengapresiasi kehadiran Ketua DPR-RI Puan Maharani dalam pelaksanaan TIFF 2023.


“Dahulu kita ingat di tahun 1957, kakek dari Mbak Puan Maharani yakni Soekarno, pernah mengunjungi Tomohon. Pun di tahun 2016 lalu, Ibunda dari Mbak Puan yakni Megawati Soekarnoputri pernah menyaksikan TIFF di Tomohon. Dan saat ini di TIFF 2023, Mbak Puan Maharani datang membuka kegiatan. Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga,” ungkap Gubernur Sulut dua periode tersebut. 


Diketahui Kegiatan bertaraf internasional Tournamen of Flower (ToF) 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF) yang diketuai Ir Rita Maya Tamuntuan-Dondokambey selaku Ketua Umum pelaksana kegiatan, dihadiri langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan 42 duta besar (Dubes) negara.



Puan Maharani pun mengapresiasi kegiatan tersebut yang menilai bahwa Kota Tomohon atau lebih dikenal dengan Kota Bunga sudah lebih mendunia yang dibuktikan dengan banyaknya para wisatawan asing dan domestik yang datang mengunjungi Tomohon secara khusus menyaksikan TIFF 2023.



“Tomohon kini sudah menjadi kota yang indah terkenal karena potensi pariwisatanya sangat besar yang sudah mendunia dan dikagumi wisatawan. Melalui festival ini, sudah menjadi bukti sebagai salah satu pendukung dan penunjang pariwisata di Sulawesi Utara," terang Puan dalam sambutannya sembari berharap ke depan akan menjadi daerah yang hebat dan kuat, yang mampu mensejahterakan masyarakatnya.


(man*)