Iklan

August 7, 2023, 10:14 WIB
Last Updated 2023-08-07T17:14:53Z
MitraPendidikan

Kepsek SMK N 1 Ratahan Lepas Siswa PKL, Ana Powa Minta Jaga Etika dan Sopan Santun


Jurnal, Mitra - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ratahan laksanakan Kegiatan Praktek kerja Lapangan (PKL) Tahun Pelajaran 2023/2024. 


Kepala Sekolah SMK 1 N Ratahan Ana Powa melepas para siswa yang akan melaksanakan kegiatan PKL di wilayah Kota Manado, Kita Tomohon, Kabupaten Minahasa dan Minahasa Tenggara, Senin 7/8/23 di Sekolah.


Pada kesempatan tersebut Kepsek Ana Powa menjelaskan bahwa Peserta PKL berjumlah 288 Siswa yang terbagi, Teknik Jaringan Komputet dan Telekomunikasi ( TJKT) 42 Peserta, DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (DKV) 32 Peserta, TEKNIM OTOMOTIF ( TO) 66 Peserta, Teknik Ketenagalistrik (TK) 23 peserta, AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA (AKL) 20 Peserta, MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS ( MPLB) 33 Peserta, LAYANAN KESEHATAN (LK) 36 Peserta dan PERHOTELAN (PHT) 13 Peserta. "Sesuai Program Kegiatan Tahun 2023/2024 PKL sudah masuk Mata Pelajaran di Kelas 12, Ini Merupakan Gelombang ke 2.  Saya berharap dengan kegiatan PKL ini akan membentuk Karakter Anak didik yang akan diperhadapkan dengan Dunia kerja, Dunia Industri sehingga Akan di didik Softskill, Karakter anak, Karena anda akan berhadapan dengan guru tetapi akan menghadapi mentor-mentor dan asesor-asesor yang akan menilai anda, jadi harus menghargai orang, jaga Etika dan Sopan Santun," katanya.


Lebih lanjut di tegaskan bahwa karakter sangat menentukan keberhasilan dari program PKL. "Dengan terjun ke dunia industri anda harus memiliki mental dan karakter yang baik. PKL ini adalah sudah merupakan mata pelajaran, jika gagal dalam kegiatan PKL ini maka gagal dan tidak bisa lulus," tegasnya.


Untuk itu dirinya berharap manfaatkan dengan baik kegiatan PKL. "Anda selesai PKL akan mempresentasikan apa yang didapat, Karena harus ada implementasi dari apa yang didapat disekolah dan dipraktekkan selama terjun ke Dunia Industri. Saya menaruh kepercayaan kepada semua Peserta PKL agar menjaga nama baik SMK 1 N Ratahan," harap Powa.(hak)